Sejukan Rumah Dengan Konsep Inner Court


Kehadiran inner court di rumah bisa memberikan pencahayaan serta penghawaan alami, sejuk, sekaligus mampu meredam hawa panas untuk masuk ke dalam rumah.

Udara panas menyengat yang akhir-akhir ini dirasakan pasti membuat Anda menjadi sangat tidak nyaman. Iklim Indonesia yang cenderung panas, lembap, ditambah faktor pemanasan global sangat mempengaruhi ketidaknyamanan setiap penghuni rumah. Terkait dengan kenyamanan di dalam rumah, apa yang sebaiknya dilakukan?

Tentu Anda tidak harus selalu mengandalkan pendingin ruangan karena akan memboroskan energi listrik. Salah satu cara yang paling tepat untuk mengatasinya adalah dengan menghadirkan bukaan lebar, seperti ventilasi silang dan pengadaan kolam ikan.

Selain itu, Anda juga dapat menghadirkan inner court sebagai salah satu upaya untuk menghemat energi. Menghadirkan bukaan berupa ruang terbuka di dalam rumah atau yang dikenal dengan sebutan inner court sangat efektif untuk mengurangi panas.

Bukaan ini dapat didesain dengan bentuk kolam ikan atau area terbuka seperti taman kering. Inner court juga bisa dijadikan penghubung antarruang yang bisa memberikan pencahayaan serta penghawaan alami. Dalam merancang inner court, faktor posisi dan jenis penutup adalah dua hal yang harus mendapatkan perhatian lebih.

Biasanya inner court terletak di posisi strategis di dalam rumah yang dikelilingi oleh ruang-ruang, seperti ruang keluarga, makan, dan ruang tamu. Selain itu, inner court juga bisa berbatasan dengan ruang tidur.

Sementara untuk penutup atap inner court, Anda boleh menggunakan sistem buka-tutup otomatis atau bisa juga dibiarkan terbuka hingga air hujan dapat masuk dengan leluasa.

Bagian atap inner court bisa ditutup dengan penutup yang bersifat transparan semisal jendela kaca atau bisa juga dibiarkan tanpa ada penutup sehingga ruangan jadi terlihat lebih luas.

Kalau Anda memilih inner court dibuat menjadi kolam, sebaiknya perhatikan faktor yang terkait dengan pembuatan kolam secara benar. Misalnya dari sisi desain kolam, kebersihan, ukuran, aksesori, penyaring air, dan bagian terkait lainnya. Yang penting lagi, atur bagian air di dalam kolam supaya selalu mengalir karena air yang tidak bergerak malah akan berdampak tidak baik, seperti menjadi sarang nyamuk.

Inner court juga bisa dirancang dengan menggunakan pintu geser kaca yang berukuran besar. Jadi, ketika kita membuka bagian pintunya, udara dapat dengan leluasa masuk ke dalam sekaligus bisa menciptakan kesan ruangan seperti bale-bale.

Menata tampilan inner court bisa dengan menggunakan elemen luar ruangan, seperti pada taman depan ataupun belakang. Pilihan hardscape bisa berupa kolam plus air mancur atau air terjun. Bagian dasar kolam boleh diisi dengan batu koral.

Untuk alternatifnya, Anda bisa menempatkan patung atau jenis olahan dinding lain supaya tampak semakin cantik dan natural. Untuk bagian hijaunya, dapat ditambahkan aneka tanaman yang ditanam di dalam pot. Misalnya pohon palem, kamboja Jepang, ataupun jenis tanaman air.

Selain untuk mendapatkan pengudaraan serta pencahayaan yang cukup, inner court juga bisa memberikan kesan yang lebih lega dan luas di dalam ruangan. Di samping itu, keberadaan inner court dapat pula memudahkan komunikasi antarseluruh penghuni rumah, sekaligus bisa menjalin keakraban di antara penghuni rumah. 







Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.