Mendobrak Batasan Desain Konvensional Dengan Roof Pool


Roof pool atau kolam renang di atap bangunan mungkin sudah tidak asing lagi bagi gedung-gedung hotel. Namun, bagaimana jika fitur luar biasa ini ada di rumah pribadi?

Tampaknya, NL Architects akan berusaha mendobrak batas-batas desain konvensional untuk menciptakan kolam renang semacam ini. Dalam situs resminya, perusahaan arsitektur tersebut telah melakukan studi seputar kemungkinan kolam di atas rumah sejak 2012 dan mulai memublikasikan desainnya pada Maret 2013 lalu.

Menanggapi permintaan klien visioner bernama Andrew R, perusahaan arsitektur asal Belanda ini membuat beberapa desain luar biasa untuk sebuah kolam renang atap. Tentu, mereka tidak sekadar membuat desain kolam renang di atas atap ini. Mereka juga mendesain seluruh konstruksi bangunan di bawahnya.

Berdasarkan permintaan klien, perusahaan ini akan menciptakan rumah tinggal bagi sebuah keluarga tunggal dengan kolam renang unik di atasnya. Desain semacam ini mungkin saja merupakan terobosan unik untuk mengakali ruang yang terbatas. Namun, berbicara mengenai desain berkelanjutan, kolam renang di atap ini memiliki cerita berbeda.

FastCo Design lewat situs www.fastcodesign.com mencoba menumbuhkan perhatian mengenai adanya kemungkinan kebocoran, bahkan kemungkinan ambruk dari desain rumah semacam ini. Konstruksi rumah tersebut dinilai belum tentu kuat secara terus-menerus menopang air sebanyak 50.000 galon. Belum lagi, kemungkinan terjadinya badai yang berisiko menghadirkan kebocoran.

Namun, skeptisisme itu seharusnya tidak menjadi penghalang bagi sebuah terobosan baru. Pasalnya, desain yang tampak begitu unik dan hampir mustahil ini sebelumnya sudah pernah diciptakam, dan terbukti berhasil.

Salah satu contohnya karya Zaha Hadid berupa Cincinnati Center for Contemporary Arts. Sebelum FastCo Design meluncurkan skeptisismenya pada ide NL Architects, perusahaan arsitektur Belanda NL Architects mendapat ide "Pool House" tersebut dari keinginan seorang klien bernama Andrew.

Andrew ingin membangun sebuah rumah dengan konsep kolam renang di Pantai Del Rey, Florida, Amerika Serikat. Andrew membeli properti di Pantai Del Ray dan berencana mengganti mansionsebesar 1.114 meter persegi dengan rumah berukuran lebih kecil, tetapi lebih unik. Untuk menjawab "tantangan" itu, NL Architects mengajukan tiga desain, yaitu Pool House, Sawa House (terinspirasi dari terasering sawah di Bali), dan Brop Blob.






Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.