Pencahayaan Alami Dalam Rumah


Sinar matahari merupakan 'lampu' alami yang sebenarnya bisa Anda maksimalkan untuk menerangi rumah. Jadi, saat siang hari, Anda tak perlu menyalakan lampu demi mendapatkan penerangan. Bukan hanya lebih hemat, tetapi Anda juga ikut menjaga lingkungan.

Dengan banyaknya cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah, juga membuat suasana lebih hangat dan udara jadi lebih segar. Untuk memaksimalkan pencahayaan alami dalam rumah Anda, bisa terapkan empat cara berikut yang dilansir dari onegreenplanet.org.

1. Orientasi jendela 
Strategi ini bertujuan untuk memanfaatkan sinar matahari melalui ukuran dan lokasi jendela. Pencahayaan siang hari mengacu pada menangkap cahaya yang tersebar tanpa

mengorbankan kenyamanan dan fungsi. Strategi ini juga harus meningkatkan kualitas cahaya dan tergantung pada letak ruangan.

2. Penerapan jendela atap
Strategi clerestory atau jendela atap ini telah lama digunakan dalam arsitektur Mesir. Clerestory adalah bagian atap yang juga terdapat jendela. Cara kuno pencahayaan alami sangat cocok untuk rumah terbuka, yang langit-langitnya mengikuti garis atap.

3. Penggunaan kaca tembus
Pencahayaan alami sering dianggap membuat panas dalam rumah berlebihan atau hilangnya panas saat cuaca dingin. Padahal, dengan instalasi yang tepat dapat mengurangi ketidaknyamanan dan meningkatkan manfaat utamanya. Menggunakan kaca tembus bisa mengurangi silau dan kaca ganda harus digunakan dengan minimal.

4. Pilih awning yang bisa disesuaikan
Strategi ini bisa mengendalikan intensitas pencahayaan alami. Letak awning yang bisa disesuaikan akan menyebarkan cahaya di seluruh rumah dengan pas. Cara ini bisa mengurangi paparan panas dalam rumah.





Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.