Tips Menghias Dapur Dengan Tanaman


Meletakkan tanaman hias ke dalam interior rumah akan membawa kesegaran alami. Termasuk juga di dapur Anda. Dengan meletakkan beberapa pot tanaman, kegiatan memasak di dapur

Anda bisa meletakkan tanaman hias di sudut meja dapur, di atas rak atau digantung dekat jendela. Bila luasan dapur cukup besar, bisa diletakkan pot berdiri.

Tanaman ini juga membantu menyerap polusi udara atau asap yang dihasilkan kegiatan memasak. Menurut penelitian, beberapa jenis tanaman seperti pakis, sri gading, atau lidah mertua bisa menyerap racun karbon dioksida (CO2) di udara.

Daun dan akar tanaman berperan menyerap CO2 lalu menggantinya dengan oksigen (O2) dan mengurangi kadar racun kimiawi di udara.

Pilih Tanaman
Untuk ruangan dapur yang mungil, pilih tanaman yang tak terlalu rimbun. Banyak jenis tanaman berdaun kecil yang bisa dipilih untuk menghias dapur. Misalnya sirih gading, lidah buaya, atau tanaman rambat seperti daun ivy. Selain tanaman yang ditanam di tanah, Anda juga bisa menggunakan media tanam air atau hidroponik.

Wadah Tanaman Yang Menarik
Tanaman hias tak melulu harus diletakkan dalam pot gerabah. Lakukan sedikit kreativitas agar tanaman hias di dapur lebih menarik. Misalnya dengan menggunakan botol bekas sirup atau kecap. Supaya lebih cantik, tambahkan aksesori di botol misalnya dilapis kertas hias, diberi pita, atau dilukis dengan cat akrilik.

Wadah tanaman lainnya yang juga unik adalah gelas atau cangkir bekas yang sudah tak terpakai. Misalnya mug kesayangan Anda yang bermotif lucu sedikit gopal, tapi Anda masih sayang membuangnya, gunakan untuk wadah tanaman. Tapi jangan lupa melubangi bagian bawahnya untuk sirkulasi air.

Posisi Tanaman
Karena tempatnya berada di dapur yang dipakai untuk kesibukan memasak, sebaiknya tanaman hias diletakkan di tempat yang aman dan tidak mengganggu kegiatan memasak. Sebaiknya jangan didekatkan dengan area penyimpanan peralatan masak.

Jauhkan tanaman dari area kompor yang panas karena akan membuat tanaman mudah layu dan mati. Sebaiknya letakkan tanaman dekat jendela supaya cukup mendapat sinar matahari.





Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.