Tips Mendekorasi Ulang Hunian Anda


Anda pasti pernah merasa jenuh dengan gaya tatanan interior rumah. Mungkin ini saatnya bagi Anda mengubah penampilan hunian agar terlihat berbeda dan tidak membosankan.

Mengubah tampilan interior bukan berarti harus selalu memakai furnitur baru. Dengan langkah yang sederhana, tampilan dalam rumah Anda pun akan terlihat berbeda dan serasa memiliki sesuatu baru. Untuk mempercantik tampilan interior, Anda juga tidak perlu repot mengubah elemen bangunan, seperti dinding, plafon, ataupun lantai.

Mendekorasi rumah tidak harus mengeluarkan budget yang terlalu besar. Langkah sederhananya bisa dengan menukar beberapa furnitur yang terdapat di dalam ruangan. Misalnya menukar posisi sofa dengan lemari pembatas. Mengganti letak furnitur dapat pula dilakukan pada ruang pribadi, seperti kamar tidur atau mengotakatik posisi interior dapur.Jika memiliki anggaran lebih,Anda boleh mengganti kulit atau cover sofa dengan warna berbeda.

Bahkan, Anda juga bisa mengubah elemen lain, mulai dari mengganti cat dinding hingga mengganti perabot rumah lama dengan yang baru. Sebelum itu, Anda patut tahu bahwa soft furnishing juga bisa lho mengubah tampilan rumah Anda. Soft furnishing adalah elemen dekorasi yang ukurannya relatif tidak menyita ruang atau tidak terlalu besar, tapi bisa mengubah suasana.

Pemanfaatan soft furnishing bisa Anda mulai dengan menggunakan dekorasi sederhana, seperti bantal kursi, vas bunga, lampu interior, serta pernak-pernik lain semisal foto keluarga. Mengaplikasikan soft furnishing di rumah memiliki banyak kelebihan, di antaranya Anda tidak perlu repot memasangnya. Selain itu, soft furnishing juga dapat Anda peroleh dengan harga yang cukup terjangkau. Sementara untuk bagian dapur, Anda bisa melengkapinya dengan piring-piring model unik yang dapat memberikan warna baru pada area dapur Anda.

Karena dapur merupakan area yang memiliki aktivitas tinggi,tentu tidak membutuhkan perabotan yang besar. Piring itu selain digunakan untuk keperluan sehari-hari, juga bisa dipajang karena bentuknya yang unik. Pilihan lain yang mampu mengubah tatanan hunian Anda secara signifikan adalah dengan menggunakan wallpaper atau mengganti cat dinding rumah agar terasa atmosfer dan suasana yang berbeda.

Penggunaan warna-warna terang bakal memberikan kesan bersih, lapang, dan luas. Sementara penggunaan warna gelap bisa memberikan kesan elegan dan mewah. Namun,untuk hunian yang kecil, sebaiknya hindari penggunaan warna gelap karena dapat memunculkan kesan sempit pada ruangan. Anda juga boleh menggunakan warna terang pada ruangan yang bersifat umum, seperti ruang tamu dan ruang keluarga.

Selain memberikan keceriaan dan lebih terang, warna cerah juga dapat menciptakan kesan luas serta tidak sumpek. Terlebih lagi bila Anda menerima tamu dalam jumlah cukup banyak. Warna putih bisa dipilih untuk melengkapi ruangan yang bersifat umum karena akan memberikan kesan luas, terang, dan bersih. Namun, sebaiknya hindari perabotan yang memiliki warna senada karena bakal menimbulkan kesan monoton.

Ada baiknya Anda melengkapi tampilan ruang yang berwarna putih menggunakan furnitur dengan warna yang mencolok. Hal tersebut bertujuan untuk menciptakan focal point atau sebagai elemen pembuat efek berbeda pada ruangan. Salah satu caranya dengan memilih sofa berwarna merah atau menempatkan karpet berwarna cerah seperti kuning. Bila ruangan Anda tidak terlalu luas, jangan khawatir. Ruang yang kecil sekalipun masih bisa dipercantik.

Asalkan Anda benarbenar membuat perencanaan yang matang serta menggunakan kreativitas dan imajinasi yang bagus dalam menatanya. Untuk menempatkan furnitur di dalam ruang berukuran mungil, sebaiknya harus yang proporsional dengan ukuran ruangan. Jadi, jangan menempatkan perabotan yang besar dan berwarna gelap di dalamnya.

Anda dapat memaksimalkan ruangan kecil dengan menggunakan sofa panjang, didampingi kursi kurus yang terbuat dari besi tempa atau besi glavanis. Pastikan perabot tersebut tidak terlalu dekat dengan pintu agar tak menghalangi pintu saat Anda membukanya. Susan memberikan sedikit tips dalam menata ruangan mungil agar tidak terlihat membosankan.

Pertama, buatlah sketsa ruangan yang akan Anda make over. Kemudian pertimbangkanlah fungsi ruang dengan furnitur yang akan diletakkan, usahakan agar elemen ruangan terlihat senada dengan furnitur yang hendak dipakai.





Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.