Tips Menata Dapur Tampak Rapi


Dapur yang berantakan akan menyulitkan kita bekerja. Barang-barang tidak tersimpan secara sistematis membuat kita kelimpungan mencarinya pada saat dibutuhkan. Alhasil, laci-laci dan lemari harus dibongkar dulu.

Apalagi sekarang semakin banyak orang yang membangun rumah dengan dapur bersih. Ini juga menuntut penataan yang rapi dan perubahan cara kerja. Agar dapur tidak berantakan, dan aktivitas memasak berjalan menyenangkan, berikut beberapa tips menata peralatan dapur yang akan mempermudah pekerjaan:

* Agar dapur bersih dan tak banyak barang tetek bengek bertebaran, Anda perlu waktu dan akal sehat. Pertama, Anda perlu mengosongkan lemari-lemari dapur. Pilihlah segala sesuatunya dan tempatkan di mana peralatan itu paling dekat dengan dipergunakannya. Misalnya, tempatkan panci dan cetakan kue di lemari paling dekat dengan kompor dan oven.

* Tempatkan panci-panci dekat kompor. 

* Piring-piring dan gelas harus ditempatkan dekat tempat cuci piring, berdekatan dengan semua peralatan bersih-bersih dan cuci-mencuci. 

* Saringan atau tapisan adalah peralatan ringan yang sering dipakai. Letakkanlah peralatan ini di dekat tempat cuci piring. Bahkan, sebaiknya Anda menggantungkannya di dinding dekat tempat cuci piring.

* Bila peralatan di meja dapur Anda semakin banyak, pertimbangkan frekuensi penggunaannya. Alat pembuka kaleng atau botol mungkin sering digunakan. Jadi, tempatkan di luar. Alat seperti blender, mixer, atau juicer yang hanya digunakan sekali-sekali, simpanlah dalam lemari. 

* Anda punya microwave? Alat yang semakin banyak dimiliki keluarga di kota-kota besar ini cukup memakan tempat. Pertimbangkan untuk menempatkannya di meja tersendiri atau di meja dapur Anda bila cukup besar.






Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.