Tips Membuat Taman Gantung


Suka berkebun, tapi tidak punya cukup tempat di rumah? Jangan khawatir. Anda bisa membuat sebuah taman gantung. Tidak yakin bisa membuatnya? Tenang saja, berikut Reader's Digest memberikan langkah-langkah mudah yang bisa Anda lakukan :

1. Desain taman Anda
Pertama-tama tentukan dulu desain taman Anda. Sesuaikan juga dengan ruang yang tersedia di rumah. Untuk sementara, pasang palang atau sketsa tempat "calon kebun" Anda dengan kapur. Tentukan juga tinggi gantungan yang Anda inginkan, dan berapa banyak pot yang akan Anda gantung. Anda bisa mendesainnya agar terlihat sejajar, zig-zag, diagonal, atau lainnya.

2. Tempelkan gantungan.
Setelah Anda memasang palang, tentukan di mana letak pot-pot itu akan ditempelkan di palang tersebut. Setelah itu, Anda bisa menempelkan gantungan pot dengan menggunakan paku atau obeng.

3. Mendekorasi
Agar taman Anda terlihat indah, Anda dapat menambahkan warna pada pot atau palang Anda. Pot yang berwarna-warni akan membuat taman gantung Anda menarik. Anda bisa menggunakan warna yang sama atau berbeda pada setiap pot. Jangan lupa, hanya gunakan pot yang memiliki lubang di bagian bawah untuk drainase.

4. Cek ulang
Sebelum mengisi pot-pot Anda dengan tanah, cobalah untuk menggantungkannya dulu pada palang. Letakkan pot-pot itu sesuai imajinasi taman yang Anda inginkan. Jika menurut Anda masih kurang bagus, Anda bisa memperbaikinya dulu sebelum benar-benar menanam tanaman.

5. Tanam
Sekarang saatnya menanam tanaman Anda. Taman gantung sangat cocok bagi tanaman yang berbunga atau tanaman yang bisa dimakan. Tanaman dengan bunga berwarna-warni akan membuat taman Anda semakin enak dilihat. Pastikan menaruh tanah yang baik untuk tanaman Anda.

6. Gantung
Jika sudah, maka sekarang waktunya menggantung tanaman Anda. Pastikan palang cukup kuat untuk menyangga tanaman Anda, dan pastikan pot bisa bergerak tanpa khawatir jatuh atau bertabrakan dengan yang pot yang lain.

Taman gantung Anda sudah jadi. Selamat menikmati tanaman gantung indah buatan Anda sendiri.






Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.