Tips Membuat Kamar Mandi Sehat


Kamar mandi adalah bagian penting dalam desain sebuah hunian. Tak hanya mewadahi aktivitas membersihkan diri, sebuah kamar mandi juga merupakan zona pribadi bagi penghuni rumah untuk memanjakan dan mengekspresikan diri.

Pada pengaturan ruang (zoning) yang mengikuti pola tradisional, kamar mandi selalu diletakkan di area belakang rumah, bahkan sering kali terpisah dari rumah inti. Fungsinya dianggap berkaitan dengan hal yang kotor, sehingga tak layak ditempatkan di dalam rumah.

Tapi saat ini penempatan kamar mandi sudah mengikuti pola penataan gaya barat yaitu di dalam atau bagian depan rumah. Pola penataan ini dianggap lebih pas dengan gaya hidup modern yang serbapraktis.

Di negara dengan kodisi udara lembab seperti Indonesia, membuat kamar mandi, terutama kamar mandi dalam, perlu perencanaan yang lebih matang. Apa saja yang harus dipikirkan untuk mendesain kamar mandi sehat.

• Ukuran
Sesuaikan ukuran kamar mandi dengan luasan dan kebutuhan ruang. Bila ingin meletakkan wastafel, kabinet, apalagi bathtub, Anda harus memiliki lahan yang cukup luas. Jika luas kamar mandi terbatas jangan dipaksakan memasukkan semua elemen, sebab kamar mandi akan terasa sesak dan tidak nyaman.

• Basah atau kering
Gaya mandi orang Indonesia membuat kamar mandi basah lebih banyak dipilih. Kamar mandi ini masih menggunakan bak penampung air, tapi ada pula yang sudah menggunakan shower. Jika Anda lebih suka kamar mandi kering, letak shower harus dipisahkan dan diberi partisi misalnya kaca atau tirai plastik supaya lantai tetap kering.

• Material
Pemilihan material penting demi keamanan dan kenyamanan saat mandi. Untuk pelapis lantai, pilih bahan yang tidak licin dan mudah dibersihkan dari sisa sabun ataupun lumut.

• Warna
Warna adalah pilihan pribadi pemilik rumah, tapi demi kenyamanan, pilih warna-warna cerah dan terang. Jangan gunakan warna gelap, karena akan membuat kamar mandi terasa semakin sempit, pengap, dan juga banyak nyamuk.

• Pencahayaan alami
Kamar mandi terutama yang basah adalah sarangnya kuman. Oleh karena itu, kamar mandi harus mendapat pencahayaan yang cukup terutama pencahayaan alami. Jika semua dinding kamar mandi tidak bersentuhan langsung dengan area ruang luar, buatlah sedikit bukaan untuk memasukkan cahaya alami. Misalnya dengan membuat atap transparan yang tembus cahaya matahari.

• Sirkulasi udara
Salah satu hal yang penting untuk membuat kamar mandi sehat adalah sirkulasi udara yang lancar. Sirkulasi ini penting agarudara di dalam kamar mandi tetap segar dan tidak pengap. Buatlah ventilasi di dinding, di atas pintu, atau bukaan ke plafon. Anda juga bisa memasangexhaust fan supaya perputaran udara lebih lancar.




Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.