Tips Memanfaatkan Area Bawah Tangga


Makin menyempitnya lahan rumah membuat kita harus pandai menyiasati desain ruang. Jika ada sudut yang belum terolah, kenapa tidak kita manfaatkan?

Salah satu sudut yang masih sering terlupakan adalah area bawah tangga. Area ini biasanya lebih sering dimanfaatkan sebagai lemari penyimpanan (storage) atau kamar mandi. Padahal, ruang bawah tangga bisa didesain menjadi sudut yang lebih menarik dan tentu saja fungsional.

Ruang Duduk
Area bawah tangga biasanya luasannya tak terlalu besar. Tapi dengan sedikit kreativitas, kita tetap bisa menghadirkan ruang duduk yang nyaman. Tak perlu menggunakan furnitur yang besar dan berat agar ruangan tak terasa makin sesak. Cukup kursi satu dudukan dengan desain atau warna yang menarik dan meja sudut. Jadilah ruang duduk mungil tapi nyaman untuk sekadar bersantai.

Ingin menjadikan ruang bawah tangga sebagai ruang keluarga? Bisa juga. Tempatkan televisi di sisi dinding di bawah tangga agar lebih efisien. Supaya ruangan terlihat lebih lapang, tak perlu menggunakan kursi atau sofa. Ciptakan gaya lesehan yang lebih santai dengan karpet empuk dan bantal-bantal besar.

Ruang Baca
Jika koleksi buku Anda sangat banyak, area bawah tangga bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan buku. Sudut yang miring bisa diolah menjadi rak buku sekaligus rak pajang. Letakkan satu sofa empuk atau kursi yang nyaman untuk tempat membaca. Jika sudut ini terlalu gelap, jangan lupa menambahkan lampu baca.

Ruang Serbaguna
Manfaatkan area bawah tangga untuk mewadahi aktivitas yang belum tertampung, misalnya untuk hobi atau tempat bermain anak. Anda bisa meletakkan piano kesayangan di tempat ini, sehingga sudut bawah tangga menjadi lebih hidup.

rea bermain anak pun juga bisa ditempatkan di sudut ini. Alasi lantainya dengan karpet empuk sehingga buah hati Anda aman bermain di sana. Tempatkan beberapa lemari kecil atau peti untuk menempatkan mainan mereka agar tidak berantakan. Anda pecinta seni? Jangan biarkan koleksi seni Anda tersimpan di gudang. Tatalah patung, lukisan, atau benda seni lainnya dengan menarik sehingga area ini menjadi galeri mini. Unik, bukan?

Taman
Mengolah area bawah tangga menjadi taman sangat menantang. Hadirnya taman akan membuat hunian terasa lebih segar. Tapi jika tangga berada di dalam ruangan, perlu bukaan untuk memasukkan cahaya matahari. Untuk memudahkan perawatan, pilih taman kering. Hias taman dengan batu alam seperti batu koral atau pasir. Lalu tempatkan tanaman dalam pot untuk menghadirkan nuansa hijau. Anda juga bisa membuat kolam kecil untuk ornamen taman, tapi jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihannya secara rutin.




Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.