Sejuk Dengan Pergola


Siapa bilang bagian eksterior rumah tidak bisa didandani dengan indah? Lewat kehadiran pergola, tampilan teras yang biasa saja bisa terlihat istimewa dan indah.

Pergola sangat sesuai diterapkan pada iklim tropis seperti di Indonesia yang memiliki musim kemarau panjang. Dengan pergola, hunian pun akan terasa sejuk dan rindang. 

Pergola merupakan salah satu elemen pelengkap arsitektur taman yang berasal dari Eropa dan biasanya dijadikan sebagai media rambat tanaman, seperti anggur dan morning glory. Namun, sekarang fungsi tersebut sudah banyak berkembang untuk berbagai kebutuhan, bukan hanya sebagai media rambat. Kehadiran pergola sudah banyak menghiasi tampilan rumah bergaya modern.

"Di Eropa, pergola merupakan satu media untuk tanaman yang fungsinya tetap sebagai peneduh di area luar, seperti taman. Meski begitu, ada juga yang menjadikannya sebagai atap untuk gazebo. Di Indonesia, pergola sering disamakan fungsinya dengan kanopi, jadi lebih sering diletakkan di area garasi," kata arsitek Ari Indra.

Pergola yang biasanya digunakan sebagai media tanaman rambat dan peneduh, sekarang sudah beralih fungsi sebagai tempat berteduh dan menambah nilai estetika di area rumah atau bangunan. Pergola dapat juga dijadikan tempat untuk beristirahat sambil menikmati suasana taman pada siang hari dan malam hari. 

"Pada siang hari, pergola yang menggunakan tanaman rambat sebagai penutup atapnya dapat digunakan sebagai pelindung dari terik matahari sehingga dapat mengurangi panas. Tujuan utamanya memang untuk meneduhkan area berjalan atau area duduk di outdoor," lanjut Ari. 

Pergola memang selalu dijadikan pelindung dari panas matahari saat Anda ingin bersantai di area taman. Namun, jangan salah, pergola tidak bisa melindungi dari hujan karena bagian atap pergola tidak ditutupi dengan penutup atap seperti kanopi. Saat ini, material yang paling digemari untuk membuat pergola adalah kayu yang biasanya disesuaikan dengan kayu-kayu kusen pintu dan jendela rumah. 

"Desain pergola tersusun dari beberapa rusuk-rusuk kayu yang dibuat sejajar atau selang-seling berbentuk datar. Pergola sebagai elemen tambahan di area taman biasanya didesain berhubungan dengan ruang luar, seperti perpanjangan teras depan, samping, dan belakang rumah," ucap Ari.






Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.