Rumah Yang Mampu "Bekerja Sama"


Pernahkah Anda membayangkan memiliki rumah yang mampu "bekerja sama" dengan keadaan sekelilingnya? Fasad cantik misalnya, tidak hanya sekedar tampak cantik dalam sekali pandang, namun juga mampu memberikan nuansa unik saat cahaya matahari menyinarinya sepanjang hari.

Berikut ini beberapa inspirasi lanskap dan struktur rumah inovatif yang bukan hanya cantik. Lanskap dan struktur rumah-rumah berikut ini juga dapat "bekerja sama" memanfaatkan cahaya serta keadaan alam di sekitarnya. Mungkin, Anda bisa menjadikannya inspirasi.

Transisi Organik
Desain pertama yang inspiratif ini adalah buah tangan Shinberg Levinas dari Architectural Design. Bangunan ini ditutupi oleh dedaunan merambat di sekujur bangunannya. Uniknya, "dinding" yang menjadi tempat rambat dedaunan tersebut terbuat dari kaca.

Menurut Shinberg, kaca tersebut melapisi bangunan untuk "mengubah dari yang tradisional menjadi transisi organik". Alih-alih membuat bangunan lain berlapis kaca, desainer yang sama membangun rumah tinggal lain berlapis katu. Kayu eksterior tersebut melapisi bagian luar walk-in-closet dan kamar mandi.

Para desainer rumah ini menyebutnya "cangkang protektif". Cangkang ini akan memberikan efek garis-garis vertikal dari bayangan di dalam kamar mandi. Anda dapat membayangkan nikmatnya mandi sambil melihat dedaunan "menari" di depan kamar mandi Anda.

Desain Garis-Garis
Desain lanskap inovatif lainnya juga berhubungan dengan aksen garis-garis. Bedanya, garis-garis kali ini berbentuk horizontal dan dapat ditemukan di bagian garasi milik Dan Wheeler, salah seorang pendiri Chicago's Wheeler Kearns Architects.

Pada malam hari, garis-garis horizontal ini memberikan efek cahaya yang indah, terutama bila dilihat dari luarnya.

Taman Unik
Puas dengan permainan garis yang menempel pada dinding? Kali ini, Anda dapat menyaksikan taman unik karya H. Keith Wagner Partnership. Rumput yang ada pada taman tersebut tampak seperti bantalan-bantalan empuk.

Taman tersebut dibagi-bagi dengan garis-garis kaca yang di bawahnya terdapat lampu. Uniknya, garis tersebut seakan menyambung dengan dinding rumah. Bila malam datang, Anda akan melihat garis panjang bersinar yang membentang dari dinding rumah ke taman.

Kolom Jamur
Proyel terakhir bisa dijadikan inspirasi adalah proyek buatan Dale Jones-Evans Pty Ltd Architecture. Mereka merenovasi sebuah gudang yang dibangun pada awal abad ke-20. Kolom-kolom berbentuk seperti jamur menjadi daya tarik tersendiri pada rumah ini.






Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.