Rumah Lebih Elegan Dengan Lantai Parket


Keramik dan marmer masih menjadi salah satu penutup lantai favorit di Indonesia. Selain kuat dan tahan lama, dua material tersebut memberi kesan elegan dan mewah pada hunian.

Tapi belakangan antai parket lebih populer menjadi pilihan pelapis lantai. Kesannya tak kalah elegan dan berkelas, dan juga membawa nuansa hangat dan natural pada interior.

Lantai parket berbeda dengan lantai kayu zaman dulu yang terbuat dari papan kayu utuh. Parket terbuat dari partikel kayu yang diserut dan dipadatkan membentuk lapisan kayu dengan ketebalan sekitar 10 milimeter.

Kini pilihan motif, tekstur, dan warna lantai parket makin beragam. Ada yang bernuansa coklat tua, coklat muda, krem, dan sebagainya.

Salah satu keunggulan parket adalah kenyamanannya. Sifatnya yang hangat tak cuma dari tampilan tapi juga saat dirasakan. Di lantai parket, Anda bisa tidur berbaring tanpa kuatir merasa kedinginan.

Namun lantai parket ini tak bisa diaplikasikan pada hunian dengan tingkat kelembaban tinggi. Sifat lembab akan membuat parket mudah rusak. Lantai parket juga lebih sensitif terhadap goresan. Meskipun setiap produk biasanya sudah diberi pelapis antigores, tetap saja parket harus diperlakukan lebih hati-hati.

Pemasangan
Pemasangan parket sebetulnya sangat mudah dan tidak rumit. Hanya saja, Anda harus teliti dan hati-hati saat memasangnya agar presisi.

Parket bisa dipasang melapisi lantai beton maupun lantai yag sudah dilapisi ubin keramik. Jadi, jika Anda ingin mengganti penutup lantai lama dengan parket, tak perlu buru-buru membongkar penutup lantai lama. Parket bisa langsung dipasang di atasnya.

Perawatan
- Bersihkan lantai parket dengan penyedot debu, sapu berbulu lembut, atau kain yang lembut agar permukaannya tak tergores.

- Untuk menjaga keawetannya, hindari penggunaan air secara berlebihan saat membersihkan lantai parket. Jangan sampai air merembes ke dalam pori-pori parket karena akan membuatnya mengelupas.

- Jika lantai parket Anda ternoda makanan atau minuman, segera angkat kotoran denga tisu atau lap kering. Lalu gunakan cairan khusus pembersih kayu parket untuk membersihkannya.

- Manfaatkan air perasan lemon atau belimbing wuluh untuk membersihkan noda membandel dan membuat lantai parket lebih berkilau.




Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.