Rangka Atap Baja Ringan


Atap rumah merupakan hal yang sangat vital bagi sebuah hunian. Bayangkan bila rumah yang Anda huni mengalami kebocoran di musim hujan. Air menetes bahkan mengucur di sela-sela atap hunian bagai air terjun mini dan Anda akan disibukkan dengan kegiatan taruh menaruh ember untuk wadah tetesan air cucuran tersebut dan ketika air meluap melebihi batas ember, Anda harus membuangnya. Sangat ribet sekali bukan?? Belum lagi dengan sisa-sisa air hujan yang meninggalkan noda dan jamur pada eternit atau gypsum mahal Anda. Bayangkan pula jika kayu penyangga atap rumah Anda lapuk karna terkena cucuran air hujan atau atap rumah Anda keropos dimakan rayap dan karena tidak kuat menopang tiba-tiba roboh menimpa hunian Anda. Bukanlah suatu hal yang kita inginkan maka sangatlah penting memilih kerangka atap yang tahan bocor, keropos, dan tahan lama.

Saat ini di pasaran terdapat beberapa jenis rangka atap untuk melindungi rumah Anda dari terik matahari dan guyuran hujan. Pada umumnya, rangka atap terbuat dari kayu dari berbagai jenis dan kekuatan. Dengan maraknya isu global warming dan illegal logging menyebabkan ketersediaan kayu sebagai bahan bangunan menjadi langka dan mahal. Namun, Anda tidak perlu bingung karena kini sudah banyak tersedia bahan bangunan alternatif yang ramah lingkungan dan green produk, salah satunya adalah penggunaan rangka atap baja ringan. Penggunaan rangka atap baja ringan menurut para arsitek lebih efisien dibandingkan dengan rangka baja konvensional dan kayu. 

Penggunaan baja ringan untuk rangka atap sudah melalui proses pengujian dan sertifikasi kelayakan sehingga aman digunakan secara luas. Salah satu penyedia rangka atap baja adalah Prima Truss. Material rangka atap baja ringan Prima Truss terbuat dari bahan baja Galvalum (55% almunium, 43,5% Zinc, dan 1,5% Silikon), tension strength 600 MPa, mutu baja berkekuatan tinggi dengan bobot ringan dan ramah lingkungan, didesain berdasarkan perhitungan struktur dan pertimbangan-pertimbangan teknis oleh tenaga ahli, serta jaminan akurasi dan presisi yang optimal (quality insurance). Material dan struktur Prima Truss telah menjalani uji kontrol kualitas di laboratorium uji unit industri bahan dan barang teknik – Cempaka Putih, Jakarta dan juga telah diuji di laboratorium bahan bangunan jurusan teknik sipil UGM sehingga untuk kualitas, mutu, dan keamanan telah teruji.

Rangka atap baja ringan memiliki sejumlah kelebihan dibanding rangka kayu. Yakni, nilai muai dan susutnya sangat kecil sehingga tidak cepat berubah meskipun terkena cuaca panas maupun dingin. Sangat berbeda dengan kayu yang mudah lapuk dan rapuh jika terkena perubahan cuaca panas dan dingin. Dengan atap baja ringan, pemilik bangunan tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan pada tahun-tahun berikutnya sehingga dapat menekan anggaran pengeluaran. Selain itu, bobot rangka atap baja sangat ringan dibanding kayu. Rangka atap baja ringan memiliki sifat non-combustible, yaitu bahan atau material yang tidak dapat dibakar/dioksidasi oleh oksigen. Artinya, jika terjadi kebakaran, baja ringan tidak membesarkan api, berbeda dengan kayu yang malah membuat api menjadi besar. Baja ringan juga cocok untuk daerah rawan bencana gempa karena baja ringan mempunyai bobot yang lebih ringan daripada material yang lain (kayu dan baja berat) sehingga bangunan yang dibangun dengan baja ringan mempunyai bobot gedung yang lebih ringan sehingga pondasi lebih ringan dalam menopang atap bangunan.

Pemasangan rangka atap baja juga harus dilakukan oleh orang yang benar-benar ahli dan memiliki sertifikasi karena jika melakukan kesalahan atau kekeliruan dalam pemasangan maka struktur bangunan menjadi tidak kokoh bahkan bisa ambruk sewaktu-waktu. Salah satu bagian terpenting dari struktur rangka atap baja ringan adalah alat sambung yang biasanya berupa Self Drilling Screw (SDS), atau sekrup dengan ujung penembus baja tanpa mur. SDS berperan penting dalam mempertahankan kekokohan dan kekuatan struktur rangka atap baja ringan. Untuk baja tipis, SDS yang dipakai harus jenis khusus dengan alur yang kasar, dan adanya ruang dibawah kepala baut. Alur yang kasar akan membuat baja tipis tersusun diantara alur, bukan dirusak oleh alur, sehingga SDS mampu memikul beban yang besar di sambungan. Penggunaan SDS yang tidak berkualitas dapat mempengaruhi struktur dan performa rangka atap baja ringan.

Prima Truss merupakan salah satu divisi dari Prima Andalan Group, yaitu perusahaan nasional yang bergerak di bidang jasa konstruksi dan perdagangan umum. Perusahaan yang dirintis oleh Ir. H. Zaenal Arifin, MT. IPM ini telah berdiri sejak tahun 1998 yang berkantor pusat di Jl. Palagan Rejodani No.55, Penen, Sleman dan mempunyai beberapa kantor cabang seperti di DKI dan Jabar. Pada bulan Desember 2011, PT. Prima Andalan Group mendeklarasikan diri sebagai kontraktor berbasis syariah. “Syariah itu aturan, sehingga kontraktor mendapatkan proyek tidak dari aturan-aturan yang tidak jelas. Kontraktor syariah yang kami launching ini memberikan warna bagaimana orang mengikuti pelelangan dengan benar. Kontraktor saat ini bukan bagi hasil melainkan bagi resiko di depan, “ terang Zaenal Arifin, komisaris PT. Prima Andalan Group. Beliau juga menambahkan, “Kalau jasa kontruksi itu bersaing, bersainglah yang benar, yang sehat. Kalau bersaing tidak sehat akhirnya banyak yang dirugikan. Yang dirugikan uang negara. Uang negara identik dengan uang rakyat.”

Prima Truss termasuk salah satu perusahaan baja ringan yang memberikan kesetaraan kepada konsumen. Dalam artian, jika konsumen membeli di Prima Truss juga akan mendapat jasa pelayanan pemasangan baja ringan. “Kami menjual satu paket termasuk instalasi dan purnanya. Purnanya berupa jaminan, bukan hanya jaminan produk tapi jaminan instalasi. Untuk itu kami mengadakan Prima Andalan Institute, “ terang Zaenal Arifin. Prima Andalan Institute adalah lembaga pelatihan yang diusung oleh Prima Andalan Group dan bekerjasama dengan SMK untuk mendidik dan melatih siswanya untuk mengenal baja ringan, terampil dalam pemasangan baja ringan, dan bersertifikasi sehingga keamanan instalasi benar-benar terjamin. Dengan mengganti rangka atap rumah Anda dengan rangka atap baja ringan, Anda akan mendapatkan dua keuntungan. Yang pertama, keuntungan keselamatan bagi para penghuni rumah Anda, dan yang kedua adalah investasi di masa depan karena sifat material yang tahan lama dan tidak mudah keropos sehingga tidak perlu melakukan penggantian dalam jangka waktu berpuluh-puluh tahun.





Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.