Konsep Rumah Hijau "Travessa do Patrocínio"


Inilah salah satu inspirasi rumah modern berkonsep "rumah hijau" untuk Anda. Rumah dengan luas 248 meter persegi ini memiliki taman vertikal pada fasadnya.

Rumah tersebut berlokasi di daerah diplomatik bergengsi Travessa do Patrocínio, Lisboa, Portugal. Rumah ini merupakan karya arsitek Luís Rebelo de Andrade, Tiago Rebelo de Andrade, dan Manuel Cachão Tojal.

Para arsitek itu khusus membangun untuk Buildings With Art (BWA) pada 2012 lalu. Berbekal sedikitnya ketersediaan lahan, kemudian berpadu dengan kreativitas, jadilah rumah unik ini berupa "paru-paru mini" dari taman vertikal yang menempel pada fasad rumah.

Taman vertikal ini dipenuhi dengan 4.500 tanaman dari 25 varietas berbeda berasal dari Iberia dan Mediterania. Meskipun cantik, proses perawatan taman vertikal seluas 100 meter persegi ini sungguh rumit.

Rumah ini dibagi menjadi empat bagian, meliputi lantai dasar, lantai satu, lantai dua, dan lantai teratas yang berisi kolam renang mungil terbuka. Lantai dasar rumah ini hanya digunakan sebagai garasi untuk memuat dua mobil.

Selain itu, lantai dasarnya juga digunakan sebagai tempat penyimpanan. Sementara lantai berikutnya berisi tiga kamar tidur dan dua kamar mandi. Adapun ruang beraktivitas, ruang keluarga, dan dapur berada di atasnya. Sementara itu, di bagian terbuka, di tingkat teratas, terdapat sebuah kolam renang.

Selain taman vertikal, satu hal unik yang ditekankan oleh para arsitek rumah ini adalah perbedaan keharuman di tiap ruangan. Di area kolam renang, Anda akan mencium wangi kunyit. Sementara di area tempat tidur, Anda akan mencium aroma lavender. Terakhir, di ruang keluarga, aroma yang menyebar adalah wanginya rosemary.





Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.