Design Interior Apartemen Mungil


Permasalahan kemacetan kota yang makin menggila membuat banyak orang lebih memilih tinggal di apartemen. Lokasinya yang masih berada di tengah kota mudah dijangkau dan menghemat waktu pencapaian dibandingkan dengan perumahan di pinggiran kota. Itulah sebabnya apartemen terus saja menjamur dan menjadi pilihan hunian kaum urban.

Tinggal di hunian vertikal seperti apartemen memang menimbulkan perbedaan gaya hidup dengan tinggal di rumah biasa. Apartemen yang luasannya lebih terbatas dan tidak memiliki lahan terbuka pribadi membawa ke pola hidup yang menuntut kepraktisan. Termasuk dalam hal penataan interior.

Mendesain interior apartemen pada dasarnya sama seperti mendekorasi rumah. Tapi ada beberapa hal yang sangat penting untuk diperhatikan saat mendesain penataan apartemen. Ada batasan-batasan yang tidak boleh dilanggar karena harus mengikuti aturan pengelola apartemen. Tidak seperti rumah biasa yang bisa dengan mudah direnovasi, apartemen tidak bisa dirombak-rombak sesuka hati.

Jika Anda sedang berniat menata apartemen mungil Anda, simak beberapa poin penting berikut ini.

Menata Ruang
Ruang-ruang dalam apartemen memang sudah terbentuk saat Anda membelinya. Tapi Anda bisa sedikit merombaknya dan menyesuaikan tata ruangnya sesuai kebutuhan seluruh penghuninya. Untuk apartemen yang tergolong kecil, buatlah pembagian ruang tanpa sekat. Ruangan yang los tanpa pembatas akan memberi kesan meluaskan.

Namun, jika Anda membutuhkan privasi di ruang tertentu, buatlah sekat yang tidak masif dan permanen. Penyekat transparan bisa berupa partisi atau furnitur yang dijadikan pembatas imajiner.

Dalam buku Menata Apartemen karya Imelda Akmal, disarankan untuk membuat ruang multifungsi. Satu ruangan dirancang untuk bisa mewadahi beberapa kegiatan sekaligus. Misalnya ruang duduk yang berfungsi juga sebagai ruang tamu. Atau dapur yang juga menjadi ruang makan.

Memilih Furnitur
Pemilihan furnitur untuk menata apartemen sangat penting. Luasan apartemen yang terbatas membuat kita harus pandai menyiasatinya dengan memilih furnitur yang tepat. Lupakan furnitur besar dengan desain berat. Furnitur semacam itu hanya akan membuat hunian terlihat sesak.

Anda bisa memilih furnitur dengan ukuran kecil yang lebih praktis, tapi masih cukup nyaman untuk kegiatan Anda. Furnitur yang paling tepat untuk apartemen adalah furnitur built-in. Desain dan ukuran ini furnitur ini bisa disesuaikan dengan luasan ruang dan desain interior apartemen. Ruangan pun menjadi lebih ringkas dan efisien.

Mendekorasi Interior
Dekorasi interior apartemen sangat sarat sentuhan personal penghuninya. Anda bisa menentukan warna dinding, bahan pelapis lantai, dan pernik interior untuk membuat hunian Anda terlihat cozy.

Saat akan mendekorasi interior apartemen, terlebih dahulu pastikan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Ada beberapa apartemen yang melarang penghuninya mengubah tampilan interior secara drastis. Misalnya mengganti bahan pelapis lantai atau dinding. Tapi jika tak ada masalah, Anda bisa menatanya sesuai gaya interior yang menjadi favorit Anda.





Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.