Tips Percantik Foyer Ruang Apartemen


Begitu pintu apartemen di buka, Anda akan melihat foyer. Ruang perantara ini umumnya tidak begitu luas. ''Namun penting untuk dipercantik karena terletak di zona paling dulu dilihat tamu,'' kata Imelda Akmal, penulis arsitektur.

Saat menghiasnya, Anda perlu memberi perhatian ekstra pada dinding yang menghadap ke pintu masuk. Terutama, area yang sejajar dengan mata. ''Untuk membuat foyer tampak berkesan, pajanglah lukisan atau foto yang diperbesar dan dibingkai,'' saran Imelda.

Aksesori yang cocok ditempatkan di foyer biasanya berbentuk kredenza dan meja konsol. Foto-foto keluarga dengan berbagai ukuran pantas ditata di atasnya. ''Jika ingin menampilkan kesan segar, pajang saja vas bunga segar sebagai teman kredenza atau meja konsol,'' ucap Imelda yang sering menulis buku tentang arsitektur dan interior ini.

Dibantu dengan pencahayaan yang tepat pada foyer, kesan hangat bisa didapat. Lampu bercahaya kuning memancarkan kesan dramatis. ''Apalagi jika dipasang di atas lukisan atau cermin,'' ujar Imelda.

Area yang tak kalah penting untuk ditata apik ialah ruang duduk. Di area inilah hampir semua kegiatan sehari-hari berlangsung. ''Ciptakanlah sudut yang nyaman untuk bersantai,'' Imelda memberi tips.

Agar lebih menarik, pilih sofa bersandaran rendah yang tak menghalangi pandangan ke sisi ruangan yang lain. Sofa dengan dua dudukan sangat efisien dan tak memenuhi ruangan. ''Sedangkan, penempatan sofa bed akan sangat berguna saat memerlukan tempat tidur untuk tamu,'' cetus Imelda.

Kenyamanan ruang duduk akan bertambah dengan keberadaan side table di samping sofa. Side table berlaci bisa menjadi tempat penyimpanan ekstra. ''Pilih side table satu kaki karena memungkinkan lebih banyak sisi ruang yang terlihat,'' imbuh Imelda.

Bagaimana dengan tirai? Imelda menyarankan agar tirai yang dipasang tidak sampai mendominasi ruang. ''Hindari warna kontras, motif rumit, atau terlalu banyak detail.''

Area makan yang nyaman diperlukan untuk membuat betah penghuni apartemen. ''Untuk menghemat biaya, pilih kursi multiguna dan untuk memperlega ruang, cari kursi yang bisa dimasukkan ke bawah meja,'' Imelda mengungkapkan gagasannya.

Sementara itu, Anda bisa mendapatkan kenyamanan tidur sekaligus kepraktisan penyimpanan barang koleksi dalam satu ruang tidur. Untuk itu, fungsikan headboard sebagai tempat penyimpanan. ''Jangan ragu untuk meninggikan tempat tidur agar bisa menyisipkan laci dengan roda di bawahnya.''




Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.