Tips Menghindari Cahaya Matahari Berlebihan Di Dapur


Posisi sinar matahari yang berlimpah bisa jadi sahabat, tapi sekaligus bencana bagi dapur Anda. Untuk itu, perhatikan penempatan jendela dan arah hadap bangunan jika ingin dapur Anda nyaman. 

Dapur membutuhkan sirkulasi udara yang baik. Aktivitas memasak akan berlangsung lebih nyaman dalam ruangan dengan udara mengalir lancar. Cahaya matahari yang cukup tak kalah penting. Selain lebih menghemat listrik, ruang juga terhindar dari lembab. Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki sinar matahari berlimpah. 

Matahari terdiri dari elemen terang dan panas. Terang matahari dibutuhkan untuk menghemat penggunaan energi, namun panas yang berlebihan membuat rumah menjadi tidak nyaman. Sisi utara dan selatan menerima sedikit panas dibanding sisi barat dan timur. Karena itu, jendela atau bukaan dari sisi barat dan timur harus dihindari. Idealnya, sisi bangunan yang sempit harus diarahkan pada posisi matahari rendah (utara dan selatan).

Perhatikan beberapa hal berikut :
  • Manfaatkan jendela besar untuk akses udara dan cahaya secara maksimal pada sisi utara dan selatan, masih mungkin untuk membuat jendela pada sisi timur karena cahaya yang masuk dari arah timur adalah cahaya pagi tidak terlalu panas
  • Hindari bukaan sisi barat, jika dapur sudah telanjur menghadap ke arah barat, buat penghalang berbentuk kisi-kisi horizontal atau kerai bambu di bagian depan sisi hadap barat, Jika tidak memungkinkan, buat lubang cahaya, besar lubang cahaya sebaiknya 1/10 luas lantai ruangan.
  • Tempatkan area basah pada sisi barat agar penumpukan panas netral oleh air. 



Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.