Tips Menghalau Debu Dari Rumah


Dari dulu, kemoceng dikenal sebagai alat untuk membersihkan perabot rumah dari debu. Tapi, menurut dr. Wan Alkadri, SS Msc, Direktur Penyehatan Lingkungan, DepKes RI, kemoceng bukan lagi cara tepat ’menghalau’ debu. Sebab, mengibaskan kemoceng malah mengakibatkan debu berterbangan dan hanya berpindah tempat.

Tidak hanya itu, jika Anda ingin mengusir debu dari rumah aktivitas menyapu sebaiknya juga disambung dengan mengepel lantai. Saat menyapu, kita memang ’menggiring’ kotoran dan debu ke tempat sampah. Tapi, ternyata tidak sedikit juga debu yang tidak ikut tersapu, malah berterbangan di udara, yang akhirnya jatuh lagi ke lantai.

Untuk menghindari debu yang beterbangan, setiap hari lantai dan perabot rumah disarankan dibersihkan dengan menggunakan lap basah. Massa debu yang lebih ringan dari air bisa diserap lap basah, tanpa berterbangan ke mana-mana..

Berapa kali frekuensi membersihkan rumah? Sebenarnya, menurut dr. Alkadri, setelah rumah dibersihkan, enam jam kemudian debu akan muncul lagi. Jika ingin rumah benar-benar bebas debu, mungkin Anda harus menyapu dan mengepel 3-4 sekali. Tapi, tidak perlu seperti itu. Menyapu, mengepel, membersihkan perabot rumah dengan lap basah cukup dilakukan sehari sekali.

Berikut tips menghalau debu dari rumah :
Cara lain yang sudah sangat populer adalah dengan vacuum cleaner alias mesin penyedot debu. Sebetulnya, seberapa efektif alat ini? Membersihkan karpet, sofa, gorden menggunakan vacuum cleaner sudah cukup efektif. Apalagi jika alat ini digunakan setiap hari. Saat ini, perkembangan teknologi yang semakin maju membuat alat ini mampu membersihkan hingga 99,97% partikel kotor debu. Yang perlu Anda tahu, Agar sisa debu yang tertinggal di sekitar rumah, karena tidak bisa dihisap vacuum cleaner, disarankan supaya ruangan-ruangan di dalam rumah terkena sinar matahari, dan menerima udara segar dari luar. Sirkulasi udara yang baik dapat ’mengangkut’ debu berukuran paling kecil ke luar ruangan. 

Gunakan kipas angin sistem sedot-buang (exhaust fan). Sekalipun tak jelas berapa mikron batas ukuran benda yang bisa disedot, alat ini bisa menyegarkan ruangan serta mengurangi debu-debu beterbangan. 
Mesin lainnya yang berfungsi meminimalkan debu adalah air purifier, mesin penyaring udara. Sosok penjernih udara ini mirip penyejuk ruangan (AC). Nilai plusnya terletak pada filter yang ada di dalamnya. Fungsinya menyaring udara dari kotoran, debu, bau, partikel kecil, bahkan kuman dan bakteri. 




Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.