Tips Membuat Kolam Di Rumah


Senang dan bahagia rasanya melihat ikan-ikan berenang damai di kolam milik sendiri. Rasa penat dan lelah dapat sirna dalam sekejap.

Tips Sebelum Membuat Kolam 

1. Menentukan tujuan dan desain kolam adalah poin penting pada tahap awal pembuatan kolam hias. 

2. Setelah kolam selesai dibuat, diperlukan 2-3 kali pengurasan. Beri garam ikan lebih dulu sebelum memasukkan ikan untuk mengurangi efek bau cat dan menetralisir air. 

3. Pompa perlu dibersihkan dari debu dan kotoran, paling tidak sekali dalam sebulan. Bersihkan saringan bagian bawah pompa. 

4. Pengurasan kolam dilakukan minimal 3 minggu- 1 bulan sekali. Sirkulasi air dan filter yang baik menentukan lamanya kolam untuk 

5. Sesuaikan pompa air dengan luas kolam dan kebutuhan air terjun. Untuk kolam ukuran 12 m2, gunakan pompa bertenaga dorong 7m/ 25 watt. Untuk ukuran 3 m2, gunakan pompa bertenaga dorong air 1,5-2 m saja.tetap terjaga kebersihannya. 

6. Bila menentukan sendiri desain dan pengerjaan kolam dibantu 1 orang tukang, biaya akan lebih murah dibandingkan pakai jasa landscaper. Namun, landscaper akan membuat desain dan teknik lebih baik, termasuk jasa pemeliharaan dan masa garansi 1 bulan setelah kolam selesai dibuat. 

7. Dengan bujet yang minim, kolam hias masih tetap bisa dibuat. Sesuaikan saja dengan ukuran kolam, bahan batu alam yang digunakan, dan upah tenaga kerja. 




Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.