Solusi Hiasi Dinding Biar Tidak Gersang


Halaman terbuka yang hanya dibatasi dengan dinding yang tinggi bisa mengurangi keasrian hunian Anda. Saat berada di situasi seperti ini, Anda jelas memerlukan sebuah solusi. Seperti apa solusinya?

Dinding yang kosong, walaupun sempit, terkadang membawa kejenuhan tersendiri. Bila hal ini dibiarkan, akan membuat mata tidak sehat karena silau, apalagi dengan warna dinding putih sehingga sinar matahari mudah terpantul dan menjadikan hawa di sekitarnya panas sekaligus gersang. 

Saat Anda berada di situasi seperti ini, jangan khawatir. Ada banyak solusi untuk mengatasinya. Salah satu solusi untuk menghilangkan kesan kaku pada dinding di taman adalah dengan memberikan sentuhan tanaman rambat.

Selain dijadikan peneduh, tanaman rambat juga bisa difungsikan sebagai penutup dinding. Walaupun memiliki lahan yang sempit di area belakang dan samping rumah, Anda masih bisa memanfaatkan dindingnya untuk dijadikan taman. Dengan demikian, nuansa hijau tetap dapat dihadirkan pada kebun dengan lahan terbatas. 

Umumnya yang sering dibuat sebagai penghias dinding adalah tanaman rambat yang tidak berbunga. Sebenarnya banyak sekali tanaman rambat berbunga yang bisa dijadikan pilihan untuk penghias dinding. Namun, tanaman rambat berbunga lebih membutuhkan perawatan yang rutin. 

Keindahan tanaman rambat, baik yang berbunga maupun tidak, perbedaannya hanya terletak pada kerimbunannya, bentuk daun, serta warna dan bentuk bunga. Tanaman rambat biasanya lebih pas digunakan untuk penghias dinding pekarangan atau pergola dan pagar. Tanaman rambat juga bisa diletakkan di dalam pot.

Bila Anda menginginkan sentuhan yang berbeda pada tanaman rambat, coba saja gunakan jenis tanaman rambat sayur atau buah-buahan. Selain menjadikan tembok terlihat asri, halaman Anda pun lebih bermanfaat, yaitu bisa memudahkan Anda apabila ingin mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Jika Anda berminat mengaplikasikan tanaman ini pada dinding halaman, faktor lokasi dinding dan penyinaran harus dijadikan prioritas pertama.

Bila hal itu terpenuhi, maka dinding Anda pun akan terlihat semakin cantik, terlebih lagi bila Anda membuat desain sarana rambat sesuai selera berupa teralis yang ditanam pada dinding. Untuk membuat desain yang minimalis, tidak harus menutup seluruh tembok. Melainkan bisa menggunakan satu atau dua teralis besi dengan lebar sekitar 40 cm dan tinggi 1,2 meter. Itu saja sudah cukup membuat pesona pada dinding.

Anda pun bisa menggantung teralis besi untuk tempat rambatan tanaman. Namun, sebaiknya diberi rongga sekitar 10 cm dari permukaan tanah. Dengan begitu, tanaman rambat akan tampil cantik bila ditempatkan pada bak khusus. Permukaan tanahnya juga bisa ditutup dengan jenis tanaman lain. 

Cara merawat tanaman rambat sangat mudah. Anda hanya perlu menjaga rambatannya jangan sampai menutupi bagian yang tidak dikehendaki. Terlepas dari kemudahan merawatnya, tanaman rambat jenis benalu sering memberikan pengaruh buruk pada dinding.

Bila kualitas dinding Anda tidak bagus, akan membuat dinding lapuk dan cepat rusak. Selain itu, benalu juga akan membuat dinding menjadi kotor dan jorok. Cat Anda pun akan cepat terkelupas karena daunnya yang memiliki akar. Agar rambatan tanaman lebih bagus, pot dan media tanam harus diganti dengan yang lebih besar.

Jangan takut untuk menciptakan tanaman rambat lantaran perawatannya yang cukup susah. Namun dengan ketelitian, kegiatan merawat tanaman rambat pun akan menjadi gampang. 





Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.