"Rumoh Aceh" Rumah Adat Yang Tahan Lebih Dari 1 Abad


Rumah adat di Indonesia sangat beragam di antaranya rumoh Aceh atau rumah adat Aceh. Keunikannya terletak pada bentuk rumah panggung terbuat dari kayu dengan atap dari pohon rumbia. Tinggal di rumoh Aceh tentu sangat berbeda dengan tinggal di rumah biasa karena lantai rumahnya berada di panggung terbuat dari kayu, suasananya asri dan sejuk. Rumoh Aceh sangat unggul karena bisa bertahan sampai 200 tahun. 

Rumoh Aceh di antaranya bisa dikenali berdasarkan penuturan Aulia, seorang narablog yang tergabung di Aceh Blogger Community masih bisa ditemukan di berbagai kota-kota kecil termasuk di Banda Aceh. Keberadaan rumah adat ini perlu dilestarikan karena merupakan bagian dari budaya luhur, yang mengandung berbagai makna dan filosofi. 

Rumoh Aceh merupakan ekspresi keyakinan terhadap Tuhan dan adaptasi terhadap alam. Oleh karena itu, melalui rumoh Aceh kita dapat melihat budaya, pola hidup, dan nilai-nilai yang di yakini oleh masyarakat Aceh. Adaptasi masyarakat Aceh terhadap lingkungannya dapat dilihat dari bentuk rumoh Aceh yang berbentuk panggung, tiang penyangganya terbuat dari kayu pilihan, dindingnya dari papan, dan atapnya dari rumbia. 

Pemanfaatan alam juga dapat dilihat ketika hendak menggabungkan bagian-bagian rumah yang tidak menggunakan paku, tapi menggunakan pasak atau tali pengikat dari rotan. Walaupun hanya terbuat dari kayu, rumoh Aceh bisa bertahan hingga 200 tahun. Pengaruh keyakinan masyarakat Aceh terhadap arsitektur bangunan rumahnya dapat dilihat pada orientasi rumah yang selalu berbentuk memanjang dari timur ke barat yaitu bagian depan menghadap ke timur dan sisi dalam atau belakang yang sakral berada di barat. Arah Barat mencerminkan upaya masyarakat Aceh untuk membangun garis imajiner dengan Kabah di Mekkah. 

Pengaruh keyakinan dapat dilihat pada penggunaan tiang penyangga yang berjumlah genap, jumlah ruangan ganjil, dan anak tangga berjumlah ganjil sebagai manifestasi dari keyakinan masyarakat dan adaptasi terhadap lingkungannya, keberadaan rumoh Aceh juga menunjukkan status sosial penghuninya. Semakin banyak hiasan pada rumoh Aceh, maka pastilah penghuninya makin kaya. 




Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.