Rincilah Budget Renovasi Rumah Anda


Jangan tergesa-gesa dalam merancang rencana renovasi. Ingatlah, bahwa bahwa perencanaan sangat penting bagi keberhasilan renovasi Anda. 

Sebelum mulai melakukan renovasi, biasanya Anda perlu menyusun daftar panjang pekerjaan yang harus dilakukan. Pekerjaan-pekerjaan besar seperti mengganti lantai, mengecat ulang, serta memasang lampu, memang mudah diingat. Tetapi ada juga pekerjaan-pekerjaan kecil yang penting tapi sering kali terlupakan dalam perencanaan. Sebelum tukang renovasinya datang, pastikan semua pekerjaan besar dan kecil sudah dirinci dengan baik dalam urutan yang benar. Rincilah semua kemungkinan pengeluaran hingga material-material terkecil. Cara ini penting dilakukan dalam perencanaan buget renovasi. 

Selain itu, usahakan segala pekerjaan dilakukan sekali jadi. Sebisa mungkin jangan sampai ada pekerjaan yang salah, yang harus dibuat ulang. Perencaan yang matang dibutuhkan untuk menghindari kesalahan. Cara ini juga akan menghemat waktu dan dana. Kesalahan yang sering terjadi dalam renovasirumah misalnya pemasangan keramik, pemasangan pipa saluran air atau pengaturan peralatan listrik. 

Sarana keamanan bangunan juga merupakan salah satu hal yang sering terlupa dalam perencanaan. Renovasi juga harus mencakup pengelolaan struktur bangunan, yakni dengan memerhatikan sarana ventilasi, kebersihan, drainase dan limbah, akses ke bangunan, konservasi energi, kelistrikan, risiko kebakaran, dan sebagainya. Jika Anda mempekerjakan seorang tukang bangunan, pastikan ia bertanggung jawab mengelola berbagai sarana tersebut dengan baik. Ingatkanlah ia untuk selalu mengatakan pada Anda jika ada masalah. 

Untuk mengontrol penggunaan dana pembelian material bangunan, jangan lupa untuk selalu meminta bon pembelian barang pada penjualnya. Ingatkan selalu tukang bangunan Anda. Selain itu jangan mempekerjakan tukang secara harian dengan bayaran harian. Dengan cara ini Anda tidak akan bisa mengontrol anggaran pengeluaran Anda. Bayarlah tukang-tukang yang mau dibayar borongan, karena ini akan lebih menghemat pengeluaran. 

Perkirakanlah juga waktu kerja yang dibutuhkan. Berapa lama kira-kira waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan semuanya. Waktu pegerjaan bangunan tentu berbeda-beda tergantung pada jenis bangunannya dan tingkat kesulitan pengerjaannya. 

Hal lain yang perlu dipikirkan antara lain juga tentang pipa saluran air dan saluran pembuangan. Pekerjakanlah orang-orang yang benar-benar ahli dalam hal ini. Bila perlu sewalah tukang bangunan khusus, karena pekerja interior bangunan ada juga yang tidak mengerti masalah teknis saluran air dan saluran pembuangan. Jika semua pekerjaan dapat dilakukan oleh seorang tukang saja, ini akan lebih baik karena akan menghemat pengeluaran. 




Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.