Perpaduan Warna Pastel


Banyak yang berangan-angan memainkan warna cerah dalam desain interior rumah, namun tidak semua berani mengaplikasikannya. Penghuni pun beralih pada nuansa warna yang netral karena dinilai lebih “aman”. Sebut saja warna pastel yang match ke segala warna, menimbulkan kenyamanan, dan keceriaan. Agar ornamen pastel tidak terkesan pucat dan membosankan, Anda harus memilih pasangan yang pas untuk Si warna lembut ini.

Komposisi warna kontras, cerah, dan pastel bisa menyulap ruangan dalam sekejap. Untuk bermain komposisi warna tersebut, pilih warna netral sebagai dasar. Pengaplikasiannya adalah pada bidang-bidang yang dominan seperti dinding dan karpet. Warna netral bertujuan untuk menciptakan ketenangan serta menghindari kesan “ramai”.

Kemudian, kombinasikan warna cerah maupun pastel secara harmonis agar tidak monoton. Misalnya kecerahan dan kesegaran hijau lime yang ampuh untuk menambah semangat, serta kelembutan biru pastel yang menciptakan efek menenangkan. Terbukti, tiga jenis warna yang begitu berbeda dapat berpadu dengan unik dalam porsi yang pas. Segar dan elegan, bukan?

Cat putih memang pilihan paling “aman” untuk ruangan keluarga. Selain terlihat bersih, cat putih juga dijamin membuat ruang keluarga lebih luas. Jika sewaktu-waktu Anda merasa bosan, banyak variasi warna yang dapat disandingkan dengan tembok putih ini.

Kurang sreg menggunakan warna menyala? Tambahkan warna pastel untuk menjaga ruangan agar tetap cantik dan segar. Misalnya perpaduan warna cokelat tua dan biru pastel pada bantal sofa untuk menciptakan kesan modern yang unik. Bench mungil warna krem bercorak bunga biru dan cokelat menambah serasi ruang keluarga ini.

Agar perbedaan warna terasa selaras, pilihlah karpet yang juga memadukan warna biru dan cokelat. Namun jangan pilih karpet bermotif ramai. Hasilnya tentu saja tak mengecewakan sebab ruangan tetap lembut namun lebih ­“hidup”!

Kenyamanan kamar tidur merupakan komponen penting untuk mendapatkan istirahat berkualitas. Salah satu kuncinya adalah membangun nuansa melaui pilihan warna. Misalnya keindahan warna pastel seperti peach yang hangat serta lembut. Warna ini dipercaya menimbulkan kesan rileks, betah, dan bersahabat. Untuk kesan yang lebih intim, padukan warna pastel dengan warna-warna yang bertema sama, seperti halnya beige dan cokelat. Sentuhan ornamen kecil dengan warna yang lebih cerah bisa diterapkan, namun perhatikan porsinya. Kamar tidur yang terlalu ramai justru akan mengurangi kenyamanan relaksasi. Kuncinya, biarkan kenyamanan tercipta dengan sederhana.

Peach sebagai warna pastel yang paling hangat merupakan warna favorit untuk diaplikasikan pada tirai. Jangan anggap enteng kain penutup jendela ini, lho! Pilihan warna, model, corak hingga material, sejatinya disesuaikan dengan tema ruangan Anda. Jika Anda memilih ruang makan serba minimalis, pilih tirai polos dengan warna yang dapat menghangatkan ruangan. Keseimbangan warna tersebut efektif untuk mencegah kesan kaku dan meningkatkan selera makan Anda.

Mengatur Komposisi Warna
1 Warna muda dapat menimbulkan efek lebih lapang, begitu pun sebaliknya. Jadi gunakan warna muda untuk ruangan-ruangan yang tidak terlampau luas. Khusus langit-langit, warna muda akan memaksimalkan cahaya di dalam ruangan.

2 Warna netral dapat dipilih menjadi warna dasar pada bagian-bagian yang luas. Kombinasikan dengan warna cerah sebagai aksen yang mempercantik ruangan.

3 Hati-hati mengombinasikan lebih dari dua warna kontras dengan porsi yang sama. Sebaiknya hanya ada satu warna dominan pada ruangan.

4 Selalu sesuaikan warna ruangan dengan fungsi ruangan itu sendiri. Misalnya, hindari warna dan corak mencolok untuk kamar tidur Anda karena akan membuat mata letih dan sulit tidur.




Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.