Pencahayaan Pengaruhi Eksotika Taman


Lampu bukan lagi dijadikan penerang kala malam, juga berkembang menjadi penambah nilai estetika taman. Beragam model dan gaya dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Sama halnya dengan perkembangan fashion yang selalu up to date dan berganti mode, tren penerang atau lampu juga mengalami hal serupa.

Tidak sekadar sebagai sarana penerangan, lampu juga bermanfaat menambah nilai estetika taman pada malam hari. Hal ini sama dengan fungsi lampu hias pada umumnya yang bisa disesuaikan dengan desain dan luas taman. Tidak hanya rumah, taman pun tidak akan pernah lepas dari penerangan. Bentuk taman dengan gaya tropis yang luas maupun minimalis akan sangat memiliki arti jika pelengkap penerangannya terpenuhi dan pas.

Ragam gaya lampu hias dan bentuk pencahayaan akan sangat memengaruhi eksotika bagian luar rumah. Keberadaan lampu taman bisa menjadi pilihan untuk mewujudkan keromantisan. Lampu taman merupakan elemen penting dalam menciptakan suasana yang tak hanya asri, indah, juga penuh nilai estetika yang tinggi. Pada dasarnya, lampu taman bukan hanya mengambil bagian penting dalam memberikan cahaya taman atau membantu penerangan ketika Anda berjalan di taman pada malam hari.

Dengan banyaknya peran dan fungsi dari lampu taman, ragam model lampu taman pun selalu berkembang mengikuti tren gaya taman. Dengan tidak mengesampingkan fungsinya sebagai pemberi cahaya di taman, ragam desain lampu tetap memberikan keindahan dan nilai estetika dari cahaya lampu. Beragam bentuk dan model dapat dipilih sesuai kebutuhan. Apalagi pada saat sekarang ini banyak sekali lampu hias beraneka ragam bentuk yang bisa membantu memberikan cahaya romantis pada malam hari di taman.

Menikmati taman pada malam hari akan memberikan suasana berbeda apalagi ditambah banyaknya titik-titik lampu sehingga sorot lampu akan memberikan gambaran cahaya yang unik. Dengan begitu menjadikan suasana di sekitar taman menjadi indah dan aman, serta bisa memberikan penyegaran. Mewujudkan impian tentang taman yang indah, bisa Anda mulai dari bentuk lampu taman yang sesuai.

Penerangan untuk taman biasanya dapat memberikan kesan yang berbeda, akan menambah human interes tersendiri, contohnya saja jika meletakkan lampu di pohon yang dapat memberikan kesan dramatis. 

Ada beberapa model lampu taman yang tentunya disesuaikan dengan konsep taman yang telah Anda buat, baik itu dari modelnya, maupun prinsip pengerjaannya dan keawetan si lampu taman. Hal itu mengingat lampu taman harus tahan dalam kondisi panas maupun hujan sekalipun. Sebaiknya pilih lampu taman jenis hologen karena mampu memberikan kesan dramatik.

Selain itu, lampu hologen dapat memunculkan warna asli dari objek yang dikenai cahaya. Bila menggunakan lampu neon, biasanya warna asli dari objek tidak terlihat jelas, bahkan objek akan terlihat lebih pucat. 

Kegunaan lampu taman untuk mempercantik taman dan menerangi taman. Lampu taman umumnya tidak memerlukan sinar terang dan cenderung bersinar teduh. Selain jenis lampu hologen, masih terdapat jenis lampu yang juga bisa dijadikan pilihan untuk menghias taman pada malam hari, yaitu lampu spotlight, jenis lampu ini memiliki kualitas pencahayaan yang cukup baik. Anda bisa mengarahkan lampu ini ke arah tanaman yang memiliki bentuk menarik.

Letakkan lampu mendekati objek sehingga akan terlihat kontras pada bagian yang langsung dikenai cahaya dan bayangan yang gelap dari daun dan batang yang ada di belakangnya. 

Jenis lampu spotlightbiasanya lebih cocok digunakan di taman bergaya tropis yang luas. Bisa diletakkan di bagian tengah atau di sisi dari tanaman, tanaman tropis yang terkesan rindang akan semakin bernilai dengan sorotan cahaya yang terlihat dramatis. 

Namun, sebaiknya Anda jangan menggunakan terlalu banyak lampu spotlightkarena bisa jadi hal tersebut bisa mengurangi fokus di taman Anda. Selain taman, lampu jenis ini juga bisa dijadikan sebagai penghias ornamen, seperti patung di taman, gentong dan lain-lain. Adapun yang terpenting terjadi bayangan yang menarik dari pancaran cahayanya. 

Ada baiknya jika memilih lampu pijar yang berkualitas. Itu karena lampu taman akan sering terkena hujan atau panas sehingga akan mudah rusak dan berumur pendek. Selain lampu pijar, Anda juga bisa menggunakan lampu jenis LED. Keunggulan lampu ini adalah tidak memerlukan sumber daya listrik dari PLN. Listrik didapat dari panel sel surya dan asyiknya lagi apabila Anda bosan dengan posisi lampu taman, dia dengan mudah dapat dipindah sesuai keinginan.

Sebagus dan semahal apa pun lampu taman Anda, tetap saja akan mudah rusak dan kusam jika tidak ditata. Pencahayaan di taman sebenarnya sangat diperlukan. Anda bisa menciptakan suasana sejuk, asri, elegan, dan mewah dengan berkreasi dari tampilan warna dan model lampu taman yang pas. 




Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.