Merenovasi Ruang Makan


Makeover ruang makan sah sah saja dilakukan atas beberapa alasan. Bisa karena sudah tak tahu lagi apa yang mesti dilakukan dengan ruangan, atau ruangan sudah terlalu sumpek dan impersonal. Kedua alasan ini kerap menjadi masalah utama untuk merombak ruang makan formal.

Agar tak merasa sia-sia memiliki ruang makan atau lebih optimal menjamu para tamu di ruang makan, berikut beberapa tips makeover yang dapat Anda gunakan.

Tambah & Kurangi :
Cara mudah mengubah ruang makan formal secepat mungkin menjadi sesuatu yang lebih kasual adalah menambah dan mengurangi beberapa pernik. Salah satu cara mudah yang patut dicoba adalah menambahkan cermin. Cermin dapat membuka ruang dan memberikan sedikit refleksi sinar pada barang-barang.

Selain itu Anda dapat memasang jendela berbahan ringan dan berwarna. Dan, dapat pula menghilangkan beberapa pernik yang berat serta menambahkan beberapa fokal poin ringan dan ruangan akan terasa lebih lapang dan santai.

Meja Bundar :
Kebanyakan perabot ruang makan formal memiliki sentuhan poles, berpotongan besar, panjang dan bersudut. Tak ada salahnya untuk tema tahun ini Anda pertimbangkan menggunakan meja makan bundar.

Berbeda dengan meja persegi panjang, meja yang bundar memiliki kesan semua orang dapat saling bertukar pandangan saat makan. Meja makan bundar akan membuat suasana makan bersama Anda lebih intim dan nyaman.

Duduk & Santai :
Kebanyakan perabot ruang makan formal berwarna gelap dan berlapis kain sehingga berkesan suram dan kuno. Tak ada salahnya memiliki warna sedikit lebih terang sehingga ruangan berkesan lebih kasual dan santai.

Dan, daripada menggunakan bahan sutra untuk pelapis alas duduk, lebih baik menggunakan pelapis yang tak terlalu mewah. Selain menghemat uang, juga akan membuat tamu Anda tak terlalu khawatir duduk di ruang makan Anda.

Pencahayaan Informal : Kebanyakan penataan ruang makan formal menggunakan lampu-lampu mewah, beberapa lampu gantung dan tatakan lilin (chandelier). Sayangnya ini justru membuat pencahayaan kurang memadai untuk ruangan.

Jika kendala ruangan terlalu remang, coba tambahkan lampu sudut, memasang candle wall sconce atau letakkan beberapa lilin menyebar di seluruh ruangan. Selain menyukupi pencahayaan, cahaya ini juga menambahkan kesan elegan, hangat dan dekoratif.

Kombinasikan :
Hal paling penting, ketika memiliki mebel ruang makan formal tak perlu membeli satu set baru secara menyeluruh. Anda bisa mengombinasikan dan mencocokkan beberapa hiasan ruang makan. Misal, gunakan alat makan konvensional dengan alas piring sedikit funky.

Dapat pula membuat sesuatu yang tak pada fungsi seharusnya. Misal, gunakan buffet sebagai rak buku atau menyimpan pernak pernik unik selain piring. Personalisasi ruang makan adalah langkah penting dalam membuat ruang terasa aman, mengundang, dan utuh.




Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.