Mengaplikasikan Lantai Bata


Penggunaan lantai batu bata memberikan kesan tersendiri yang istimewa. Selain nuansa rustic, klasik, dan bernuansa rumah tua, lantai batu bata juga memberikan rasa nyaman yang penuh nostalgia.

Selain itu, lantai batu bata juga merupakan kombinasi apik antara ketahanan dan warna-warni menyerupai warna kayu. Warnya cenderung netral dan dapat menyatu dengan hampir seluruh gaya dekorasi rumah. Bagi Anda yang mulai tertarik dengan penggunaan batu bata, berikut ini plus-minus pemakaiannya : 

Kelebihan

- Fleksibilitas Desain
Keuntungan pertama yang bisa segera Anda rasakan adalah banyaknya variasi desain. Hanya dengan menyusun batu bata dengan urutan dan pola berbeda, Anda akan mendapatkan desain dan nuansa berbeda pula.

- Kokoh
Lantai batu bata tergolong kuat. Untuk lantai dasar rumah, material ini dapat diandalkan karena tidak mudah lapuk, tidak membutuhkan pengecatan atau finishing ulang. Selain itu, lantai batu bata juga dapat bertahan menghadapi kondisi ekstrem serta tingginya lalu-lintas di atas lantai tersebut. Lantai batu bata juga tahan panas.

- Terjangkau dan ramah lingkungan
Berbeda dengan jenis ubin hias lainnya, ubin dari batu bata cenderung lebih murah. Selain itu, batu bata yang terbuat dari tanah liat umumnya terbuat dari bahan-bahan alami. Bahkan, Anda dapat menggunakan batu bata bekas dari struktur bangunan yang telah dihancurkan untuk mendapatkan efek vintage.

- Tahan licin
Lantai batu bata yang tidak dipoles akan terasa sedikit kasar. Tekstur ini justru dapat menjadi penahan dan mengurangi risiko kecelakaan akibat permukaan licin.

Kekurangan 

- Keras
Sayangnya, berdiri terlalu lama di atas lantai batu bata tidak menyenangkan. Lantai terasa keras dan melelahkan kaki. Untuk menanggulangi masalah ini, Anda bisa mencoba untuk menggunakan keset empuk dan tebal agar kaki dan tulang punggung tidak lecet atau cedera.

- Tidak rata
Setiap batu bata cenderung unik. Meski di satu sisi hal ini membuat batu bata lebih menarik, di sisi lain hal ini akan membuat permukaan lantai tidak rata.

- Berat
Berbeda dengan ubin, batu bata akan jauh lebih berat. Untuk menghindari adanya kecelakaan dan robohnya konstruksi rumah, ada baiknya Anda hanya menggunakan batu bata untuk lantai dasar rumah, bukan lantai dua ke atas.

- Rentan lembab
Batu bata mungkin mampu menahan air untuk dinding Anda. Sayangnya, hal tersebut tidak berlaku bagi lantai. Jika air tertumpah di atas lantai batu bata Anda, partikel air akan masuk ke pori-pori batu bata tersebut dan menimbun. Untuk itu, cobalah mengaplikasikan pelapis secara berkala untuk menjaga lantai batu bata bebas dari lumut, jamur, atau retak.




Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.