Mendesain Ruang Kantor Di Rumah


Bekerja di rumah memang terdengar nyaman dan menyenangkan. Bagaimana tidak? Kita tidak harus bangun pagi-pagi dan bergegas menuju kantor dengan dibayangi ketakutan akan terlambat atau dimarahi atasan karena pekerjaan yang belum selesai. Kita juga tidak harus terjebak kemacetan setiap hari. Hal itu ditambah lagi dengan lingkungan kerja yang monoton dan tidak memberikan tantangan.

Gaya hidup pekerja kantor memang bagi sebagian orang sangat membosankan. Bila kita salah satu dari sebagian orang tersebut sudah saatnya kita memulai usaha sendiri di rumah. Namun, memulai usaha sendiri di rumah tidak semudah yang dibayangkan, apalagi jika di rumah kita tidak tinggal sendiri. Banyak gangguan yang bisa memecah konsentrasi bekerja kita karena pada hakikatnya selain sumber ketenangan, rumah juga berpotensi menyimpan sumber gangguan.

Mengapa harus mendesain secara khusus sebuah kantor di rumah?

Mungkin kita bertanya, “Mengapa harus bersusah payah menyediakan ruang terpisah untuk kantor di rumah kita, apalagi mendesainnya secara khusus?” Bekerja di rumah tidak sesederhana membuka laptop dan dokumen kita di sebuah meja di rumah. Seperti telah disinggung sebelumnya bahwa rumah kita yang damai juga menyimpan banyak sumber pemecah konsentrasi yang membuat kondisi menjadi kurang kondusif untuk bekerja secara maksimal.

Untuk itulah sebuah kantor di rumah harus diciptakan. Dengan memberikan perhatian lebih untuk membuat sebuah desain kantor yang baik di rumah, kita diharapkan akan bisa bekerja di rumah dengan lebih nyaman dan efisien. Beberapa efek positif dengan memiliki sebuah kantor yang didesain dengan baik di rumah adalah meningkatnya kemampuan kita untuk bisa bekerja dengan nyaman, meningkatkan produktivitas secara keseluruhan, serta pada gilirannya akan mendatangkan lebih banyak keuntungan bagi usaha atau bisnis yang kita rintis atau jalankan dari rumah.


Apa yang harus dipertimbangkan sebelum mendesain?

Terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum kita memutuskan mendesain sebuah ruangan di rumah sebagai kantor kita.
  • Di mana kita akan bekerja: Pilihlah sebuah ruangan di rumah yang paling epresentatif untuk dijadikan kantor.
  • Apa saja yang kita butuhkan untuk bekerja: Sediakan sebuah kertas dan daftarlah semua hal yang hampir selalu kita lakukan saat bekerja. Kebutuhan-kebutuhan itu bisa saja berupa komputer, penyimpanan dokumen administrasi, ruang pertemuan, dan tempat menyelesaikan pekerjaan. Jika ruang yang ada tidak memadai, pertimbangkan untuk menggabungkan beberapa menjadi satu
  • Apakah ini akan menjadi ruang kerja utama atau hanya pelengkap
  • Apakah ini akan dijadikan sebagai kantor permanen atau sementara saja
  • Di mana tempat yang kita anggap paling nyaman untuk bekerja di rumah.
Bagaimana mendesain sebuah kantor di rumah?

Inilah beberapa langkah yang dapat ditempuh untuk menciptakan suasana kantor di rumah kita:

1. Pilihlah sebuah tempat. Cobalah mengamati sekitar Anda dan kemudian tentukan bagian rumah atau ruangan mana yang bisa dipermak menjadi kantor.

2. Susun sebuah rencana. Rencanakan dengan baik bagaimana ruang kantor Anda akan didesain dan perhatikan juga tata letaknya. Desain yang biasa diterapkan ialah bentuk huruf U atau L. Jika pekerjaan Anda sebagian besar berkenaan dengan komputer maka buatlah sebuah area yang nyaman di mana Anda bisa mengetik dengan nyaman. Perhatikan juga letak keyboard dan monitor. Bereksperimenlah sehingga Anda bisa menemukan posisi yang nyaman. Lain lagi jika pekerjaan Anda sebagian besar melibatkan dokumen atau kertas, makan sebuah meja yang lapang harus menjadi pilihan utama Anda. Berkonsultasilah dengan orang yang lebih ahli dan berpengalaman dalam merancang desain kantor agar Anda tidak menyesal di kemudian hari karena merasa tidak nyaman saat bekerja.

3. Tempatkan komputer dengan benar. Perhatikan tinggi monitor karena hal ini menentukan kenyamanan dalam bekerja dengan komputer. Usahakan layar sejajar dengan jarak pandang mata.

4. Miliki kursi kerja yang nyaman. Kursi kerja adalah hal berikutnya yang harus menjadi fokus perhatian Anda karena seseorang yang bekerja di rumah kemungkinan lebih banyak menghabiskan waktunya di kursi kerja daripada di tempat tidur. Pilihlah yang bisa disesuaikan tingginya dan bisa diputar sehingga tidak kesulitan untuk menyesuaikan posisi saat bekerja dengan sibuk.

5. Ciptakan sebuah lingkungan yang sehat. Perhatikan sirkulasi udara. Beberapa peralatan kantor juga diduga bisa menyebabkan gangguan kesehatan jika digunakan dalam lingkungan yang tidak tepat. Misalnya menempatkan komputer terlalu dekat dengan dinding sehingga komputer tidak bisa mengeluarkan panas dengan leluasa. Ini bisa berakibat suhu ruangan menjadi lebih panas dan komputer menjadi cepat rusak

6. Berikan ruang yang cukup untuk penyimpanan dokumen. Sediakan tempat penyimpanan dokumen yang baik dan bisa mengorganisir dokumen dengan praktis sehingga saat dibutuhkan Anda bisa mendapatkannya dengan mudah.

7. Rancang sesuai dengan kepribadian kita. Inilah kelebihan memiliki kantor di rumah sendiri. Anda bisa memilih semuanya sendiri tanpa harus mempertimbangkan selera orang lain. Anda bisa menentukan jenis furnitur apa yang akan digunakan, warna seperti apa yang akan mendominasi ruangan, dan sebagainya.

Perlu diperhatikan juga bahwa kantor perlu untuk diubah saat kebiasaan dan kebutuhan bekerja Anda juga berubah. Jika sudah merasa kurang nyaman, evaluasi kembali tata letak dan desain. kadang dengan sedikit mengubah letak atau posisi barang, Anda bisa bekerja dengan lebih efisien. Selamat bekerja.




Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.