Mencerahkan Ruang Belajar Anak


Membuat ruang belajar anak agar terlihat menarik bisa memberikan inspirasi dan menambah semangat belajar pada anak. Sebaiknya diskusikan juga kepada anak saat menentukan desain interior ruang belajar. 

Dalam menciptakan ruang belajar yang nyaman bagi si kecil memang gampang-gampang susah. Karenanya, dalam mendesain ruang belajar untuk anak, tidak seperti ruang kerja orang dewasa. Untuk membuat ruang belajar yang nyaman harusnya dilihat luas, material, pemilihan perabot atau furnitur, hingga pemilihan warna. 

Seharusnya ruang belajar anak bisa menjadi tempat yang menyenangkan dan bisa menambah kreativitas. Untuk menciptakan ruang belajar yang menyenangkan, tidak harus terlalu luas, yang terpenting adalah dapat memenuhi semua kebutuhan sang buah hati. 

Misalnya, warna dan ornamen bentuk. Alangkah baiknya jika Anda menyediakan meja yang lapang dan dihiasi oleh beragam gambar yang ekspresif. Ukuran idealnya ruang belajar anak adalah 2,5 x 2,5 meter per anak. Sebaiknya, luas ruang belajar anak agak luas. Tujuannya untuk menggali kreativitas. 

Jika anak yang lebih besar atau beranjak dewasa, biasanya membutuhkan luas ruangan yang ideal untuk meletakkan meja dan kursi belajar, serta adanya rak penyimpan barang. Jadi Anda bisa perhatikan hal tersebut. 

Selain ukuran ruang belajar, hal yang perlu Anda perhatikan adalah keamanan dan kenyamanan. Biasanya untuk anak yang masih kecil, ada baiknya Anda menghindari menggunakan furnitur yang memiliki sisi atau sudut yang lancip atau tajam. Hindari juga furnitur yang menggores dan membahayakan gerak anak. 

Anak-anak umumnya cenderung aktif ketika di dalam suatu ruangan, apalagi aktivitas belajar biasanya diselingi dengan aktivitas motorik seperti berlarian. Biasanya buah hati Anda ingin memiliki dunia sendiri dan hanya dirinya yang menikmatinya. Solusi yang paling pas untuk memenuhi kebutuhan tersebut, yakni dengan menyediakan ruangan berkreasi. 

Sebagai contoh, Anda bisa memanfaatkan ruangan khusus di balik dinding, atau cara yang lebih praktis. Anda juga bisa memanfaatkan tenda dome yang bisa diletakkan di sisi sudut kamar. 

Satu lagi yang harus dilengkapi dalam menata ruang belajar anak, yaitu furnitur yang sesuai untuk belajar berupa meja dan kursi belajar. Meja dan kursi merupakan perlengkapan yang harus ada di ruang belajar. Karena itu, harus diperhatikan mulai lebar dan bentuk meja yang akan Anda gunakan. 




Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.