Konsep Go Green, Septic Tank Biologis


Meski dianggap tak tampak, tapi vital. Begitulah adanya septic tank di rumah. Walau tak terlihat, perannya sebagai penampung dan penyaring limbah cair rumah tangga membuat keberadaan septic tank menjadi suatu keharusan. Keberadaannya bahkan harus sudah direncanakan sejak awal masa pembangunan rumah. 

Melengkapi septic tank konvensional, kini telah tersedia pilihan septic tank modern atau sering juga disebut septic tank biologis ramah lingkungan. Pada sistem konvensional, air limbah dari WC ditampung dalam sebuah bak, lalu disaring dan dibiarkan meresap ke dalam tanah. Air limbah dari septic tank tersebut tidak dibuang ke saluran air karena limbah ini masih berbau. Sekarang sistem peresapan limbah ke dalam tanah ini dianggap dapat mencemari air tanah yang menjadi sumber air kehidupan. 

Septic tank modern tidak memerlukan lagi kehadiran sumur resapan karena prinsip kerjanya air dibuat menjadi bersih, lalu dibuang ke saluran air yang berakhir di sungai-sungai. Tentunya ini dilakukan setelah limbah ini mengalami suatu proses sehingga memenuhi syarat CoD dan BoD sesuai batas yang diberikan berdasarkan Peraturan Gubernur No. 122 tahun 2005. Ini dimungkinkan karena septic tank modern menggunakan teknologi biologis di dalam bak penampung untuk mengoptimalkan proses filterisasi. 

Alhasil, limbah cairnya jadi aman untuk langsung dibuang ke saluran depan rumah sekalipun. Jadi dengan menggunakan septic tank tersebut, pencemaran air tanah jadi berkurang. Septic tank modern tersedia dalam bentuk sudah jadi. Ada yang terbuat dari fiber, ada pula yang berbahan dasar beton. 




Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.