Kamar Mandi Tanpa Jendela Tak Selalu Gelap


Lokasi kamar mandi di dalam rumah sangat menentukan kemampuannya "menangkap" sinar matahari. Dengan jendela sekalipun, belum tentu kamar mandi mendapatkan pencahayaan yang baik. Masalah akan bertambah besar ketika kamar mandi tidak memiliki jendela sama sekali. 

Sebenarnya, tanpa jendela sekalipun, kamar mandidapat menjadi "terang benderang". Anda hanya perlu memilih pencahayaan tepat dan dekorasi kamar mandi yang mendukung. Berikut ini beberapa tips bagi Anda untuk "mengakali" kamar mandi tanpa jendela. 

Tentukan penyebab gelapnya 
Gelapnya kamar mandi dapat menyulitkan Anda berdandan di depan kaca. Kurangnya cahaya yang masuk ke dalam ruangan adalah penyebabnya. 

Namun, cek dulu penyebab sebenarnya kamar mandi menjadi gelap. Bukan hanya karena tidak ada jendela, gelapnya kamar mandi juga bisa disebabkan karena warna dinding kamar mandi Anda yang memang gelap. 

Dengan mengetahui penyebab gelapnya kamar mandi, Anda dapat menyelesaikan masalah dengan segera dan membuat kamar mandi jadi lebih terang. Merubah warna dinding gelap menjadi lebih terang dapat memantulkan lebih banyak cahaya. 

Selain itu, warna netral dan warna-warna pastel yang lebih terang akan membuat Anda merasa tidak terkekang. Pertimbangkan juga menggunakan ubin keramik atau porselen untuk area shower danbathtub. 

Memang, walaupun warna gelap cenderung tampak cantik dan dramatis, cahaya yang lebih terang akan membuat kamar mandi terasa lebih lega, terbuka, dan segar. 

Bawa masuk cahaya alami 
Jika kamar mandi Anda "terjebak" di antara ruangan dan tidak mungkin memiliki jendela, cobalah menggunakan solar tubes di langit-langit kamar mandi. Selain solar tubes, pemakaian glass block juga dapat menjadi pilihan tepat. 

Pencahayaan kreatif & karya seni 
Cara lain untuk memberikan visual interest ke dalam kamar mandi gelap adalah dengan memberikan pencahayaan yang akan "menangkap" pandangan mata Anda. Mulailah dengan memastikan lampu yang menempel di sekitar kaca menyorot Anda di ketinggian mata. Hal ini akan membuat lampu menyinarkan terang langsung ke wajah Anda. 

Selain lampu yang menempel semacam itu, coba juga gunakan lampu gantung di kanan dan kiri kaca. Namun, lampu gantung akan memberikan dramatic flair lebih besar daripada lampu tempel. 

Pastikan juga, Anda tidak hanya menaruh lampu di kanan dan kiri kaca. Sebarlah lampu di sekeliling kamar mandi Anda. Terutama, jika kamar mandi Anda cenderung berukuran besar. 

Selain memperhatikan lokasi pemasangan dan jenis lampu itu sendiri, pastikan Anda menyediakan permukaan yang dapat mampu turut menyebarkan cahaya dengan cara memantulkannya. 

Tidak ada salahnya juga memajang karya seni di bawah sorotan lampu di kamar mandi Anda. Selain menambahkan visual interest ke dalam kamar mandi, direct lamp atau lampu yang menyorot langsung juga tetap cocok dipasang di kamar mandi. 




Sumber: Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.