"House In Kamigamo" Rumah Rumit Di Dataran Tinggi


Kecerdasan dan keuletan merupakan stereotip yang melekat pada karakteristik masyarakat Jepang. Kedua hal tersebut mampu menjadi perpaduan "berbahaya", sebab dari sanalah banyak hal dapat terjadi sehingga tampak tak ada yang mustahil di mata penduduk Jepang. 

Bisa jadi, perpaduan tersebut adalah rahasia di balik kerumitan dan kejeniusan hunian yang tampak sederhana di seantero Jepang. House in Kamigamo merupakan salah satu bukti nyatanya. 

House in Kamigamo atau Rumah di Kamigamo ini bertempat di sebuah area yang memiliki ketinggian tanah lebih tinggi dibanding Kota Kyoto, Jepang. Karena itu, lewat lokasi rumah ini, Anda bisa melihat keseluruhan Kyoto melalui sudut pandang bird eye. 

Memang, meski terdengar menyenangkan, proyek pembuatan rumah ini bukan perkara mudah. Rumah ini berada di lereng terjal dengan area berbentuk segitiga. Dilihat dari sudut mana pun, area rumah ini sungguh istimewa. 

Rumah di Kamigamo merupakan buah tangan dari Dai Nagasaka, arsitek Jepang, yang tergabung dalam firma arsitektur, Méga. Rumah tersebut merupakan rumah sempit yang berdiri di atas rangka besi horizontal dan ditopang oleh tiang-tiang individual. Sementara besi penyangga bagian bawah rumah ini adalah struktur kayu yang menahan atap runcing berbalut panel baja galvanis. Penyangga tersebut mampu menopang konstruksi rumah, barang-barang, serta penghuni di tebing terjal. 
 
Rumah ini terdiri dari dua lantai bangunan. Bagian interiornya penuh dengan aksen kayu. Perpaduan antara warna kayu yang lebih muda dan lebih tua untuk lantai dan plafon mampu memberikan kesan hangat pada rumah ini. 

Sepintas meskipun terlihat sempit, rumah ini berbentuk memanjang dan memiliki konsep open space. Aksen kayu sangat berperan dalam menjaga nuansa hangat di dalam rumah. 

Pada bagian eksteriornya, Anda akan menemukan kaca besar di salah satu sisi rumah. Kaca tersebut mampu menampilkan pemandangan seluruh kota di bawah rumah ini. 

Pemanfaatan rumah ini juga begitu pepat. Lantai atas berisi dua kamar tidur. Sementara ruang keluarga berada di lantai bawah, termasuk dapur, ruang tamu, ruang makan, dan sebuah area belajar berukuran kecil. Dengan semua karakteristik dan tantangan lokasi yang cukup berat, kenyamanan, gaya, dan kecerdasan seolah terpancar dari hasil akhir rumah ini. 




Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.