"Homebox" Rumah Terinspirasi Dari Kontainer


Homebox adalah konsep rumah yang radikal terinspirasi dari kontainer, yang biasa digunakan untuk mengirim barang via laut. Perancang rumah ini adalah Profesor Han Slawik dari Universitas Hanover.

Dia mencintai konsep bangunan menggunakan kontainer. Namun menurut Slawik, potensi kontainer terbatas karena terbuat dari baja dan mahal untuk dimodifikasi. Slawik memutar otak dengan membuat kontainer dari bahan kayu dengan ukuran sama, namun posisinya diputar dari horizontal ke vertikal.

Hasilnya adalah rumah berlantai tiga yang dapat dipindahkan dengan sistem transportasi seperti mengirim kontainer dan bisa digunakan dalam kondisi darurat sebagai hunian sementara atau permanen.

Saat membuat Homebox, Slawik ingin menciptakan konsep perumahan yang menggunakan bagian-bagian terbaik dari cargotecture, tapi dia ingin memodifikasinya lebih mudah, efisien dan lebih nyaman bagi penghuni.

Homebox memiliki sebuah dapur, ruang makan, dan toilet di lantai dasar. Sementara di lantai dua ada kamar tidur, dan lantai paling atas ada ruang tamu. Ruang di lantai tiga bersifat sangat pribadi dan terpencil, serta memiliki akses terbaik untuk sinar matahari.

Secara total, seluruh rumah hanya memiliki luas 14 meter persegi di mana luas ruang tamu hanya tujuh meter persegi. rumah ini jelas sangat kecil. Dan sayangnya sekitar seperempat dari ruang yang ada digunakan untuk tangga.

Namun karena desain yang ringkas membuat Homebox memiliki sejumlah keuntungan. Ukuran Homebox membuatnya mudah diangkut dengan truk standar. Selain itu, Homebox mudah masuk ke ruang kecil, tanah tak bertuan, gang atau tempat parkir.

Bahkan beberapa Homebox bisa dikumpulkan menjadi kota mini atau digunakan untuk orang yang ingin pindah dan membawa rumah bersama mereka. Meski konsep Homebox hanya cocok dihuni untuk dua orang, rumah ini merupakan studi yang menarik untuk berpikir di luar kotak. 




Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.