Tips Membuat Kolam Renang Di Rumah


Saat ini berenang merupakan salah sati hobi favorit. Bila mempunyai dana yang cukup, mempunyai kolam renang sendiri dirumah menjadi solusi yang baik untuk memuaskan hobi dan tentunya meningkatkan harga jual rumahAnda. Memang impian mempunyai kolam renang sendiri sangat didambakan setiap orang karena akan meningkatkan gengsi dari si empunya rumah. Kebanyakan kalau kita berkunjung ke rumah yang mempunyai kolam renang sendiri, pasti muncul perkataan seperti ini, “Wah rumahnya keren punya kolam renang sendiri”. 

Bila Anda sudah berniat membuat kolam renang, berikut hal-hal yang harus diperhatikan : 

*) Letak 
Untuk meletakkan kolam renang dalam rumah, tak bisa sembarangan karena berkaitan dengan desain bangunan rumahnya, luas rumah, jalan arah sinar matahari, letak rumah tetangga, dan kebutuhan penghuni rumah tentang fungsi kolam renang itu sendiri. Meskipun sebagian besar kolam renang dalam rumahtinggal diletakkan di bagian belakang rumah. Hal ini dilakukan karena soal privasi yang ingin didapatkan oleh pemilik rumah sekalipun berada di area rumah yang terbuka. 

*) Bentuk kolam 
Bentuk kolam renang berkaitan dengan luas rumah. Bila kolam berlekuk atau berbentuk lingkaran akan menciptakan kesan yang alami dan tidak kaku namun memakan banyak lahan. Adapun pada rumah yang ukuran luasnya terbatas, kolam renang sebaiknya berbentuk kotak.

*) Desain 
Dari sisi desain, kolam renang di water park berbentuk persegi empat merupakan bentuk paling efektif karena bisa bergerak lurus dengan nyaman serta menghemat lahan. Bentuk yang sederhana ini bisa dieksplorasi dengan sistem overflow, sehingga air tidak hanya diam tapi mengalir terus melewati bibir kolam. Desain kolam renang juga perlu disesuaikan dengan konsep desain bangunan utama agar keseluruhan konsep hunian yang telah ditetapkan tetap terjaga

*) Konstruksi 
Dari sisi konstruksinya water park dibangun di dalam tanah (ground pool) atau di atas tanah (above pool) , tetapi pada umumnya konstruksinya di dalam tanah. Kedalaman kolam tidak ada ketentuan khusus, tetapi harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Bila anak Anda masih kecil dan belum mahir berenang buatlah kedalaman terendah berdasarkan ketinggian anak anda pada saat kolam selesai dibuat, sedangkan bagian paling dalam bisa Anda sesuaikan dengan keinginan.




Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.