Tips Desain Interior Kamar Tidur


Bukan saja ruang tamu atau ruang keluarga yang dituntut apik selalu. Kamar tidur pun harus diperlakukan sama. Apalagi tempat ini merupakan tempat beristirahat setelah seharian disibukkan dengan berbagai pekerjaan.

Yang terpenting adalah menciptakan suasana sejuk dan nyaman. Untuk itu ada berbagai cara bisa dilakukan, seperti pemilihan warna dinding yang sesuai dan menentukan perlengkapan apa saja yang akan ditaruh di kamar tersebut.

WARNA
Banyak sekali warna pilihan bagi kamar tidur. Umumnya warna-warna sejuk dan netral digemari orang. Misalnya putih, krem, abu-abu atau warna muda lainnya.

Dengan warna tersebut Anda lebih bebas memilik warna meubel yang sesuai. Sering juga digunakan satu thema warna pilihan.

Seperti tirai, kain penutup tempat tidur dan dinding menggunakan warna senada. Saat ini banyak yang menggunakan warna merah muda, biru muda, kuning gading dan warna-warna cerah lainnya. Sementara meubel bisa dipilih dengan warna netral coklat atau putih.

PERABOT
Tentukan beberapa meubel yang akan diletakkan dalam kamar. Seperti lemari, tempat tidur dan meja hias.

Jika masih memungkinkan bisa juga ditempatkan meja kerja. Sesuaikan ukuran perabot tersebut dengan besar ruangan.

Jangan mengggunakan perabot berlebihan, karena dapat berakibat ruang menjadi sempit. Dan tatalah seefektif mungkin pada tempat yang sesuai agar tampak rapi juga tak menghalangi ruang gerak.

Sebaiknya letakkan meja hias atau meja kerja dekat dengan jendela. Dengan demikian di siang hari Anda bisa memanfaatkan cahaya alami untuk penerangan.

Selain meubel, kamar pun memerlukan penerangan cukup. Terkadang juga dibutuhkan tambahan cahaya. Seperti dekat meja hias, meja di sisi tempat tidur atau untuk menerangi saat membaca.

Jika Anda menggunakan lampu neon(TL) dan tak menghendaki cahaya langsung yang menyilaukan, letakkan lampu tersebut ke arah atas. Sehingga cahaya akan dipantulkan langit-langit ruang untuk menerangi kamar.

SIRKULASI
Usahakan supaya jendela maupun ventilasi cukup besar. Sebaiknya jangan sampai terhalang lemari atau perabot lainnya agar pergantian udara dapat berjalan lancar dan kamar pun selalu dalam keadaan sejuk dan nyaman.

Beberapa elemen penghias bisa ditambahkan sebagai aksen. Hal itu sangat berguna untuk menghidupkan suasana kamar. Misalkan menggantungkan lukisan atau potret.

Namun jangan berlebihan, karena tujuan kamar tidur adalah untuk beristirahat. Bukan ruang pamer.




Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.