Tata Ruang Dapur Berbentuk "I"


Berbicara mengenai tata ruang di dapur, Anda akan segera familiar dengan berbagai sebutan alfabetis. Tata ruang dapur terdiri dari bentuk "U", bentuk "L", bentuk "G", dan yang paling sederhana adalah bentuk "I".

Keterbatasan ruang di rumah atau di apartemen membuat sebagian orang terpaksa memiliki tata ruang dapur semacam ini. Bagi mereka yang memiliki ruang dapur cukup luas, dapur "I" jarang menjadi pilihan. Padahal, bentuk ini dapat menjadi pilihan menarik.

Karakteristik dapur berbentuk "I" ada pada dinding. Dapur hanya menempel pada satu dinding. Jika Anda membutuhkan dapur yang efektif, berikut ini beberapa kemudahan yang bisa Anda dapatkan jika Anda memilih untuk membuat dapur berbentuk "I": 

Kemudahan Akses
Hal pertama adalah dapur ini memiliki kemudahan akses . Meski tidak seefisien dapur konvensional dengan "peraturan segitiganya", Anda dapat dengan cepat meraih berbagai keperluan memasak.

Untuk kemudahan Anda, Anda juga dapat menambahkan meja kecil beroda untuk menaruh perlengkapan memasak. Dengan begini, kegiatan memasak Anda akan menjadi lebih mudah lagi.

Hemat Ruang
Kedua, dapur berbentuk "I" dapat menghemat penggunaan ruangan Anda. Dapur sempit dapat terasa lebih longgar.

Hemat Anggaran
Ketiga, dapur berbentuk "I" tentunya juga lebih "ramah" dengan anggaran Anda. Dengan dapur jenis ini Anda hanya memerlukan kitchen set lebih kecil, dan perawatan lebih sederhana.

Namun, Anda juga harus memperhatikan beberapa kemungkinan yang akan terjadi dengan dapur berbentuk "I", misalnya tempat penyimpanan yang sedikit, dan permukaan yang sempit. Selain itu, jika ada dua orang atau lebih memasak bersama, dapur akan segera terasa penuh. Untuk itu, pastikan saja Anda menyediakan pencahayaan yang cukup. Pencahayaan membuat dapur berukuran kecil tampak lebih luas. Terutama, pastikan ruang memasak dan penyimpanan dalam dapur mendapatkan sinar yang cukup, fungsinya adalah menghindarkan dapur Anda dari tikus.

Anda juga dapat menggunakan lantai keramik, granit, atau ubin lain yang mudah dibersihkan di dapur ini. Dengan dapur berbentuk "I", kemungkinan besar Anda hanya memerlukan satu buah keset untuk menjaga kebersihannya.

Terakhir, pilihlah permukaan stainless steel terutama untuk tempat mencuci. Stainless steel cenderung lebih tahan terhadap jamur. Jangan biarkan dapur mungil Anda, yang hanya memiliki sedikit tempat bekerja, terkotori oleh jamur.




Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.