Rumah Telur, Desain Unik Karya Dai Haifei


Dai Haifei, seorang arsitek yang baru lulus ini memutuskan membuat hunian sendiri berbentuk telur setelah tak mampu lagi membayar sewa apartemen di Beijing. Desain rumah telur ini memiliki tinggi dua meter. Dinding luarnya terbuat dari tas karung. Terdapat dua roda di bawahnya sehingga bisa berpindah-pindah dengan mudah. 

Di bagian dalam telur raksasa ini terdapat bambu yang memisahkan kayu dan biji-bijian rumput. "Benih ini nanti akan tumbuh alami di lingkungannya," jelas Dai. Dai terinspirasi membangun rumah senilai US$964 (Rp8,7 juta) ini setelah menghadiri Shanghai Biennale Exhibition 2010. 

Ketika itu ia tertarik pada sebuah proyek arsitektur novel disebut "Kota Telur". "Saya terkesan pada gagasan hijau bangunan rumah. Apalagi di kota seperti Beijing harga sewa hunian untuk selevel saya menjadi beban besar," kata Dai. Hunian unik ini jaraknya hanya beberapa langkah dari kantor Dai dimana ia akan menghabiskan waktu sampai tengah malam sebelum tidur di dalam 'telurnya'. "Hanya ada satu tempat tidur, sebuah tangki air dan lampu di dalamnya," terang Dai. 

Meskipun sederhana, Dai merasa nyaman tinggal di dalamnya, walau terkadang udara dingin menusuk. "Yang penting bagi saya adalah bisa menghemat uang," ungkapnya kepada wartawan.





Sumber : Berbagai Sumbe
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.