Percantik Fasad Dengan Semen Instan


Selain berfungsi sebagai konstruksi, semen instan mampu diaplikasikan untuk mempercantik fasad rumah Anda dengan efek timbul atau emboss. Bahkan, pola-pola unik seperti motif batik dapat diterapkan agar dinding tampil menarik. Untuk membuat fasad berbahan semen instan, Anda tinggal menyiapkan cetakan berbentuk pola sesuai keinginan.

Berikut ini langkah-langkahnya :
  • Bersihkan bagian permukaan yang akan diplester dari serpihan atau kotoran. Hal ini penting dilakukan agar tidak mengganggu kerekatan.
  • Kemudian, setelah bahan adukan semen siap, semprotkan bahan ke dalam isian pola yang telah disiapkan. Lakukan ini berkali-kali dengan jenis semen berbeda, karena masing-masing jenis semen instan memiliki fungsi khusus.
  • Setelah semprotan adukan mulai rapi dan mengering, lepaskan cetakan secara perlahan. Hasilnya, permukaan dinding berbahan semen instan tak kalah menariknya.
Semen instan pada dasarnya merupakan mortar kering siap pakai, campuran dari semen, pasir, zat pengisi, aditif. Cara pemakaiannya relatif mudah, tinggal aduk dengan menambahkan air.

Bahan ini dapat digunakan sebagai material konstruksi pasangan bata, plester, dan acian dinding, perata lantai, perekat keramik, pengisi nat, pelapis kedap air, dan lainnya. Produk semen instan juga beragam, produsen mengeluarkan berbagai macam produk yang disesuaikan kebutuhan. Selain untuk elemen estetika seperti tersebutkan diatas, produk semen instan lainnya untuk merekatkan pasangan bata ringan, juga produk dengan fungsi bahan acian.





Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.