Jenis - Jenis Tanaman Bonsai


Versi mini dari pohon yang begitu kokoh menimbulkan daya tarik tersendiri bagi tanaman ini. Kita biasa menyebutnya dengan tanaman "bonsai".

Bonsai adalah teknik berkebun istimewa untuk menumbuhkan pohon-pohon besar sebagai tanaman dalam pot. Jadi, bonsai bukan merupakan salah satu jenis tanaman hias. Karena, tidak semua pohon dapat dijadikan bonsai. Berikut beberapa tanaman yang secara pemaknaan maupun secara fisik baik untuk dijadikan tanaman bonsai:

Beringin
Pohon beringin merupakan satu dari tanda-tanda yang melambangkan keabadian. Salah satu keunikan dari pohon ini adalah memiliki akar menggantung. Hanya pohon beringin berusia tua yang memiliki akar menggantung semacam ini. Ketika bonsai yang terbuat dari pohon beringin sudah berusia cukup tua, akar menggantung ini akan menjadi daya tarik tersendiri.

Pohon Oak
"Aku ingin jadi pohon oak, yang berani menantang angin," kira-kira begitulah penggalan dialog Soe Hok Gie dalam film Gie. Dalam literatur maupun dalam kebudayan lisan, pohon oak juga menjadi lambang dari keabadian. Tradisi Pagan bahkan menyebut pohon oak sebagai unsur "tetua" bagi hutan manapun.

Bonsai yang terbuat dari pohon oak dapat dengan mudah diidentifikasi. Ulirnya akan semakin rumit sepanjang waktu. Untuk itu, pohon ini menjadi tanaman dalam ruangan yang eksotis.

Pohon Maple
Pohon maple dikenal dengan warna daunnya, yaitu oranye kemerahan. Mereka begitu cantik dan fotogenik ketika tumbuh subur di luar ruangan. Sebagai bonsai, pohon ini akan memberikan warna-warna menyala yang menyenangkan.

Pohon Elm
Pohon ini merupakan perlambang determinasi dan kekuatan. Pohon elm biasanya memiliki cabang yang menjorok ke luar struktur dan sangat meneduhkan. Pohon ini seringkali diasosiasikan dengan mahluk-mahluk gaib di Eropa karena keunikan dan nuansa magisnya.

Pohon Ceri
Selain akar menggantung, ulir kayu yang eksotis, daun beraneka warna, memiliki buah dari pohon bonsai tentunya menyenangkan. Pohon ceri dapat menjadi pilihan Anda. Warna buahnya yang mencolok, dan figurnya yang kokoh namun mini ini akan mempercantik ruangan Anda.

Namun demikian, Anda perlu ingat untuk selalu menyirami pohon bonsai. Jangan terlalu banyak, karena Anda akan dapat menenggelamkan pohon Anda. Pilihlah tanah dan pupuk yang tepat baginya.

Selain itu, hindari secara sembarang memotong dahan bonsai. Pastikan dulu, Anda mengetahui dasar-dasarnya. Jangan lupa, berikan bonsai Anda akses ke sinar matahari. Biarkan ruangan Anda berada di suhu normal, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.




Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.