Faktor Hunian Mungil Yang Nyaman


Rumah mungil menurut pendapat saya dari segi biaya dan tenaga lebih mudah untuk dijadikan hunian yang nyaman dan bikin betah siapa aja yang masuk. Faktor-faktor yang harus ada antara lain :

1. Kebersihan 
Karena jarak pandang yang terbatas di rumah mungil, debu & kotoran yang menumpuk di langit-langit, perabot, kolong kursi/tempat tidur akan dapat terlihat jelas. Selain itu juga menimbulkan bau apek.yang tidak sedap. Karena itu rajinlah melap perabot, menyapu lantai, dan dipel dengan obat pel. Untuk celah yang sempit dan sulit dijangkau, cukup beberapa hari sekali saja. 

Jangan lupa untuk membersihkan kaca-kaca yang ada didalam rumah (cermin, jendela, dll) dengan pembersih kaca. Kebersihan Kamar Mandi juga harus diutamakan, ada yang bilang kondisi kamar mandi adalah cermin pribadi yang empunya rumah. Jadi rajin menyikat kamar mandi, membersihkan bak, dan wc, agar tidak timbul bau tidak sedap. 

2. Tata Letak Ruang & Warna Rumah 
Paling tepat gunakanlah warna dinding yang lembut & terang karena akan memberikan rasa‘plong’ bagi siapa saja yang masuk. Sebaliknya warna mencolok dan tajam akan memberi rasa sesak. Pilih juga tata letak ruang yang tidak berliku-liku sebaiknya lurus-lurus saja, walapun terkesan membosankan tapi percayalah lebih banyak manfaat yang timbul dengan desain ruang yang polos. 

3. Ventilasi Udara & Pengharum Ruang 
Adanya sirkulasi udara yang bagus akan turut membantu ‘membilas’ aroma-aroma tak sedap seperi bau apek (akibat kelembapan udara yang berubah-ubah), aroma masakan, dan sejenisnya. Apalagi sirkulasi udara untuk dapur, hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Pastikan dapur memiliki sirkulasi udara yang bagus, sehingga asap bisa keluar dan tidak terputar saja di dalam rumah. Sirkulasi juga akan membuat suhu ruangan tetap sejuk. Sebagai pelengkap beri pengaharum ruangan (usahakan pilih yang alami seperti bunga melati, jeruk, bunga sedap malam, dan lain-lain, karena pengharum kimiawi bisa memicu alergi). Karena jelas didalam ruangan yang sejuk dan harum seseorang akan merasa jauh lebih rileks daripada di ruang yang panas dan bau. 

4. Penempatan Perabot 
Beli perabotan yang benar-benar berguna (bukan sekadar hiasan). Pilih model yang minimalis dengan warna polos. Pilihan warna yang penuh corak dan model yang ‘ruwet’ bisa bikin penampilan rumah mungil jadi ‘menor’. 

5. Tanaman di Dalam Rumah 
Meletakan beberapa pot tanaman berukuran kecil/sedang di dalam rumah, dapat memberikan kesan ‘hidup’ dan segar. Pilih tanaman yang cocok hidup didalam ruangan seperti kuping gajah, atau bambu cina. 

6. Akuarium / Pancuran 
Percaya atau tidak suara gemiricik air dapat memberikan efek menenangkan. Pilih model yang sederhana dan gampang perawatannya.




Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.