Desain Rumah Dari Peti Kemas Bekas


Rumah ini dibangun dengan konsep ramah lingkungan. Lihat saja pembentuk strukturnya, yang terbuat dari daur ulang kontainer atau peti kemas yang sudah tidak terpakai lagi. Para arsitek dari Studio Astori De Ponti Associati tergoda untuk menciptakan rumah yang peka terhadap isu kelestarian lingkungan. Peti kemas dipilih sebab bentuknya yang sudah berupa ruangan yang cukup luas sehingga tidak perlu banyak merombak. Mereka hanya menumpuknya dan memodifikasi beberapa bagian. Ide ini mereka harapkan dapat menjadi sebuah solusi atas kebutuhan akan bangunan yang berkelanjutan.


Bangunan hijau ini terdiri atas 6 peti kemas yang disusun sehingga luas totalnya mencapai 145 meter persegi. rumah ini terdiri atas dua lantai beserta terasnya. Tampilan eksteriornya dibiarkan apa adanya sesuai bentuk aslinya yang warna logamnya sudah mulai berkarat. Ini sengaja untuk menghasilkan suasana kontras dengan interiornya yang canggih. Untuk mengatasi material besi baja yang berkarat di bagian interior, DuPont menyuplai beberapa produknya, antara lain Tyvek HomeWrap, lapisan Corian, lapisan Zodiaq, panel Energain, material geosintetik dari Typar, material geotekstil dari Plantex, dan material modifikasi atap.

Rumah unik ini sempat dipamerkan di Abitare il Tempo, Verona, Italia pada tahun 2010. Prototipe arsitekturnya cocok untuk dikembangkan sesuai dengan kebutuhan akan ruang rumah-rumah pada umumnya. Konsep ini sebenarnya bukan hal baru, terutama di kawasan Eropa Utara. tetapi di Italia ide semacam ini tergolong baru. Bagaimana dengan di Indonesia?




Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.