Desain Interior Tidak Mesti Simetris


Dalam mendesain interior rumah, umumnya orang berusaha sebisa mungkin membuat desain yang simetris. Entah itu ketika memajang lukisan di dinding atau menata meja. Namun, ternyata membuat desain yang simetris tidak semudah itu. Selalu ada "ruang" yang membuat desain simetris justru tampak kaku dan tidak menyenangkan. 

Sebenarnya, Anda dapat dengan bebas menentukan komposisi dekorasi dalam rumah tanpa perlu terpaku dengan bentuk simetris dari desain tersebut. Salah satu contoh mudahnya adalah ketika Anda ingin menggantung karya seni, baik lukisan maupun foto. Anda terkadang sulit menentukan gambar mana yang harus dipajang dan cara memajangnya.

Berikut tips untuk Anda : 

Pertama, kunci untuk memajang karya seni di dinding Anda adalah memastikan, bahwa karya tersebut memiliki "hubungan" dengan sekelilingnya. Hubungan tersebut bukan hanya ada di area terdekat tempat Anda menggantungnya, namun juga seluruh ruang. 

Setelah menemukan adanya garis merah antara karya seni yang dipilih dan ruangan tempat karya seni itu akan dipajang, harus Anda ingat, bahwa Anda tidak harus selalu menempatkan karya seni tersebut tepat di tengah-tengah dinding Anda. Cobalah untuk menaruhnya off-center atau sedikit bergeser ke salah satu sisi. 

Namun, jika ingin bereksperimen di kamar tidur Anda, cobalah menggantung lukisan di salah satu sisi tempat tidur Anda. Contohnya, di salah satu bagian atas nightstand. Cobalah untuk hanya menaruh lukisan di salah satu sisi tersebut. 

Hanya dengan menempatkannya di salah satu sisi, ruang Anda akan tampak unik. Hubungan antara karya seni dan elemen lain juga sebaiknya dapat dengan mudah dimengerti oleh orang lain. Misalnya, Anda menggunakan warna-warna senada dan serasi antara perabotan di dalam ruangan tersebut dan karya seni. 

Memang, kuncinya adalah Anda berani mencampur bentuk, ukuran,dan tekstur. Sebagai contoh, Anda dapat mengkombinasikan sebuah lukisan berukuran sangat besar (oversized) dengan beberapa lukisan lain yang lebih kecil di atas meja hias. 

Buatlah komposisi yang mampu membuat dinding Anda tampak lebih "ringan". Jangan lupa untuk membiarkan kreasi Anda "mengalir". 

Anda juga dapat membuat efek "jungkat-jungkit" dengan memajang karya-karya lukisan atau foto dengan ukuran yang sedikit berbeda. Caranya, letakkan salah satu gambar tersebut sedikit di atas gambar yang lainnya. Hal ini akan membuat efek "gerakan" dan menyeimbangkan "berat" visual. 

Contoh lain adalah ketika Anda ingin mendekor coffee table dengan sedikit hiasan. Anda tidak perlu terpaku dengan menaruh hiasan di tengah-tengah meja. Cobalah beralih dengan menaruh beberapa vas atau hiasan di sisi kanan atau kiri meja Anda. Ingat, asimetris bukan berarti buruk! 




Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.