Manfaatkan Ruang Kosong Dinding Sebagai Ruang Penyimpanan


Storage atau ruang penyimpanan memiliki peran krusial di rumah. Dengan adanya ruang penyimpanan yang rapi, benda-benda di rumah akan lebih terorganisasi. Yang lebih menyenangkan, ruang penyimpanan bisa jadi tidak banyak memakan tempat. Caranya? Manfaatkan ruang-ruang sisa sebagai tempat penyimpanan, salah satunya adalah area kosong di dinding.

Area kosong di dinding dapat termanfaatkan dengan kehadiran rak gantung. Tidak perlu repot mencarinya di toko furnitur. Toh, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah.

Rak gantung yang akan kita buat kali ini berbahan dasar kayu. Anda dapat menggunakan kayu sisa atau kayu baru. Pilihlah jenis kayu jati Belanda atau pinus bila Anda menginginkan tekstur dan warna yang khas.

Anda dapat membiarkan warna asli kayu bila suka. Namun, Anda pun dapat mewarnainya sesuai warna kesukaan Anda. Anda hanya perlu menyiapkan cat kayu. Teknik decoupage pun bisa jadi alternatif bila Anda menginginkan rak yang khas sesuai personalitas Anda.

Alat dan Bahan :
1. Empat bilah kayu masing-masing sepanjang 71 cm

2. Cat kayu

3. Tambang berdiameter 2 cm sepanjang kurang lebih 1 m

4. 12 paku semat masing-masing sepanjang 5 cm


Langkah 1
Ukur jarak 2,54 cm dari keempat sisi papan dan tandai. Kemudian lubangi tanda tersebut dengan bor. Anda akan mendapatkan empat buah lubang di setiap papan. Cat masing-masing papan bila suka.

Langkah 2
Bagi tambang menjadi dua. Balut ujung tambang dengan isolasi atau lakban agar proses memasukkan tambang jadi lebih mudah. Bariskan empat papan tadi dengan posisi lubang sejajar. Masukkan tambang di lubang sisi kanan, mulai dari papan paling bawah. Sisakan tambang dan masukkan lagi ke lubang di sisi kiri. Ikat sisa tambang. Lakukan proses yang sama dengan kedua baris lubang sisanya.

Langkah 3
Masukkan paku semat di tengah alur tambang agar posisi papan tidak bergeser.

Langkah 4
Gantung papan di tempat yang telah disediakan. Isi dan hias dengan barang-barang favorit Anda.





Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About -dHie-

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.