5 Bangunan Unik Di Seluruh Dunia




Beberapa negara di dunia memiliki gedung-gedung berdesain menakjubkan yang tak jarang menjadi ikon. Namun ternyata, di balik popularitas gedung-gedung tersebut, ada fakta-fakta menarik yang semakin mempertegas keunikannya. 

Berikut gedung ikonik sekaligus unik : 

1. Capital Gate 


Salah satu gedung tertinggi di Abu Dhabi ini mendapat predikat “Menara termiring di dunia yang dibuat oleh manusia” dari Guinnes Book of World Record. Capital Gate punya sudut kemiringan hingga 18 derajat, mengalahkan kemiringan Menara Pisa. 

2. Global Seed Vault 


Terbilang canggih karena dilengkapi dengan pintu tahan ledakan, ruang kedap udara, serta sensor, gedung yang didirikan di Norwegia ini menjadi tempat penyimpanan bibit varietas. Bibit ini nantinya akan digunakan untuk penanaman kembali bila sewaktu-waktu terjadi bencana global. 

3. Crooked House 


Rumah yang ada di kota Staffordshire, Inggris ini, punya kemiringan tanah yang menjadikan tampilannya ganjil. Salah satu sisi lahannya lebih rendah empat kaki dibanding sisi lainnya. Perbedaan ketinggian ini disebabkan pergerakan tanah akibat aktivitas penambangan di wilayah tersebut. 

4. Piano House 


Sesuai dengan namanya, hunian satu ini mengadaptasi bentuk piano, termasuk warna hitam mengilapnya yang khas. Sisi depan bangunan juga dihiasi biola raksasa berbahan kaca. Bagian atas piano berfungsi sebagai kanopi yang menaungi teras atas rumah yang dibangun di China tersebut. 

5. Crazy House 


Terinspirasi oleh bentuk-bentuk struktur yang ada di alam dan keindahan lingkungan sekitarnya, bangunan yang didirikan di Vietnam ini berfungsi sebagai guesthouse. Bahkan keunikannya membuat siapa yang melihatnya akan teringat dengan bangunan-bangunan karya arsitek Dali dan Gaudi.




Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About -dHie-

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.